Pencarian populer

Ubur-ubur Raksasa Langka Ditemukan di Inggris

Ubur-ubur barrel, spesies ubur-ubur raksasa. Foto: Lizzie Daly Wildlife/Facebook
Belum lama ini, dua orang penyelam yang sedang berenang di ujung barat daya Inggris, menemukan ubur-ubur barrel, spesies ubur-ubur raksasa yang jarang sekali terlihat, dan dapat tumbuh hingga seukuran tubuh manusia.
ADVERTISEMENT
Adalah Lizzie Daly, seorang ahli biologi, bersama juru kameranya, melakukan penyelaman dalam misi kampanye Wild Ocean Week, sebuah aksi galang dana untuk Marine Conservation Society, organisasi nirlaba yang menjaga lingkungan laut Britania Raya. Dalam kampanye tersebut, Daly dan juru kamera menyelam di kedalaman laut untuk merekam keanekaragaman biota laut yang mereka temui.
Kejadian mereka bertemu dengan ubur-ubur raksasa bermula saat dia berenang di lepas pantai Cornwall, Inggris. Tak lama melakukan penyelaman, tiba-tiba mereka melihat ubur-ubur barrel muncul di air yang cukup keruh. Ia lantas merekam kejadian tersebut, dan berhasil mendokumentasikannya dalam sebuah video. Hasil rekaman tersebut kemudian diunggah di akun Facebook pada Sabtu (13/7).
Ubur-ubur barrel sendiri memiliki lengan besar yang tertutupi oleh tentakel menyengat dan kepala besar berbentuk bulat. Ubur-ubur barrel terkadang terbawa hanyut ke pesisir pantai. Meski begitu, Daly mengatakan bahwa jarang sekali penyelam bisa berhadapan langsung dengan ubur-ubur raksasa ini.
ADVERTISEMENT
Ubur-ubur barrel adalah spesies ubur-ubur terbesar yang ditemukan di perairan Inggris. Namun, jika dibandingkan dengan ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata), ubur-ubur barrel tampak seperti udang kecil.
Sebab, ubur-ubur surai singa merupakan spesies terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Ubur-ubur ini memiliki 1.200 tentakel yang bisa tumbuh hingga panjang sekitar 36,5 meter, lebih panjang dari paus biru. Tentakel yang dimiliki ubur-ubur surai singa ini sangat masif, sehingga bisa menyengat 50 hingga 100 orang hanya dalam waktu beberapa menit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81