kumparan
2 Jan 2018 7:33 WIB

Waktu Terasa Cepat Berlalu? Ini 5 Cara 'Memperlambat' Waktu

Ilustrasi Waktu (Foto: Thinkstock)
Semakin dewasa, kamu akan merasa waktu menjadi semakin cepat berjalan.
ADVERTISEMENT
Waktu yang terasa cepat ini bisa membuat kamu menjadi terburu-buru, terutama kalau kamu sedang dikejar deadline pekerjaan.
Sebenarnya, waktu berjalan seperti biasa, namun pandangan terhadap waktulah yang membuat waktu terasa berjalan cepat, terutama karena ketika dewasa, kita terjebak pada rutinitas dan semakin jarang mempelajari hal baru.
Psikolog William James pernah menuliskan hal ini dalam bukunya yang berjudul Principles of Psychology. James menjelaskan, dibandingkan dengan masa kanak-kanak, masa dewasa memiliki lebih sedikit pengalaman baru yang berkesan.
Kita sering mengukur waktu dengan pengalaman pertama seperti hari pertama kita di sekolah kita, ciuman pertama, rumah pertama, hingga anak pertama. Ketika kita kehabisan pengalaman pertama, James mengatakan, "Hari-hari dan minggu-minggu menghaluskan diri mereka sendiri... dan tahun-tahun pun tumbuh dengan hampa dan kempis."
ADVERTISEMENT
Jika kamu merasa waktumu beralu dengan cepat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk "memperlambat" waktumu seperti yang dilansir Life Hacker berikut ini.
#1 Fokuskan diri pada apa yang sedang kita kerjakan sekarang
Fokus (Foto: Pexels)
Salah satu alasan mengapa waktu terasa semakin cepat ketika kita dewasa adalah karena waktu di masa lalu kita terasa lambat. Di masa kecil, masih banyak hal yang kita pelajari, sehingga dalam proses otak beradaptasi, waktu akan terasa lambat.
Karena itu, tidak perlu mengingat-ingat waktu yang sudah lewat dan tetap fokus kepada apa yang sedang kamu kerjakan di masa sekarang dapat membantumu untuk memperlambat waktu.
#2 Meditasi dapat membantumu untuk memperlambat waktu
Meditasi (Foto: Getty Images)
Dengan melakukan meditasi, maka fokusmu akan bertambah dan akan membuat waktumu berjalan lambat dan tidak terburu-buru. Meditasi bisa dilakukan di mana saja. Ketika kamu mulai merasa panik dan terburu-buru, tenangkan diri, hitung sampai sepuluh dan tarik nafas dalam-dalam.
ADVERTISEMENT
#3 Luangkan waktumu sejenak
Ilustrasi Waktu (Foto: Thinkstock)
Berikan kesempatan untuk dirimu beristirahat. Di antara kesibukanmu yang padat, penting untuk meluangkan sedikit waktu agar kamu bisa tetap fokus dan tidak terburu-buru. Kamu bisa meluangkan waktu sejenak di pagi hari. Ketika kamu baru bangun tidur, jangan langsung menyibukkan diri dengan kegiatan rutinmu, tapi luangkan waktu untuk menenangkan diri.
#4 Lakukan hal-hal baru
Com-Belajar Banyak Hal Baru (Foto: Thinkstocks)
Dengan melakukan hal-hal baru, kamu bisa membuat waktu berjalan lebih lambat. Waktu akan berjalan lambat ketika kamu bertemu orang baru, menjelajahi tempat baru, atau mencoba hal-hal baru. Dengan keluar dari zona nyaman, kamu juga akan memperlambat waktu.
Tidak perlu melakukan hal-hal yang sulit, kamu bisa melakukan hal-hal baru dengan mengunjungi restoran baru misalnya, atau cobalah bekerja dengan metode baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya.
ADVERTISEMENT
#5 Teruslah belajar
com-Mau Belajar (Foto: Thinkstock)
Sama seperti mencoba hal baru, belajar hal baru pun dapat memperlambat waktu karena otakmu berusaha untuk menyerap informasi baru tersebut. Membaca buku yang belum pernah kamu baca, belajar keterampilan baru, atau belajar bahasa baru, bisa kamu lakukan.
Waktu berjalan cepat adalah sesuatu yang relatif, dan tergantung pada apa yang sedang kita lakukan. Karena itu, dengan terus fokus pada apa yang sedang kamu lakukan, menenangkan diri dan terus melakukan hal-hal baru, kamu bisa memperlambat waktumu dan tidak terburu-buru dalam melakukan pekerjaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan