kumparan
29 Agu 2019 21:42 WIB

7 September, Pemain Naturalisasi Bergabung dengan Timnas Basket

Indonesia saat menghadapi China di perempat final basket putra Asian Games 2018. Foto: Antara/Wahyudin
Proses naturalisasi pemain untuk Timnas Basket Putra Indonesia mulai menemui kejelasan. Diprediksi bahwa salah satu pemain incaran untuk dinaturalisasi akan bergabung pada 7 September 2019.
ADVERTISEMENT
Manajer Timnas Putra, Maulana Fareza Tamrella, membenarkan bahwa pemain naturalisasi, Denzel Bowles, bakal segera merapat. Di sisi lain, Fareza menyebut bahwa proses naturalisasi Shavon Goodman urung dilanjutkan. Berhitung mundur, Goodman belakangan juga disebut-sebut sebagai salah satu kandidat naturalisasi.
"Kalau semua berjalan lancar, pemain naturalisasi (Denzel Bowles) akan sampai Jakarta pada 7 September. Rencananya tanggal 1 September akan dipanggil 17 pemain lokal (untuk pelatnas), kemudian nanti ditambah satu pemain naturalisasi," kata Fareza saat dihubungi kumparanSPORT.
"Untuk Shavon belum saat ini," jawabnya singkat.
Setelah bergabung dengan pelatnas, Bowles rencananya bakal ikut mentas bersama skuat Timnas untuk bertanding di Taiwan pada 23-30 September 2019. Meski demikian, keputusan itu tetap bergantung pada proses administrasi.
ADVERTISEMENT
"Waktu sampai langsung tes kesehatan dulu. Kalau semua baik-baik saja, langsung mengurus proses naturalisasinya. Kalau paspornya dipinjam untuk urusan naturalisasi, kami tidak bisa bawa ke Taiwan. Tapi, kalau paspornya tidak bisa dipinjamkan dulu, rencananya mau dibawa ke sana," tutur Fareza.
Pelatih Timnas Basket Putra, Rajko Toroman, juga memastikan bahwa Bowles segara masuk ke skuat latihnya. Juru taktik asal Serbia itu sangat berharap kehadiran Bowles bisa membuat Timnas lebih kompetitif.
Pelatih Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat ditemui di GBK Arena, Jakarta. Foto: Aditia Rizki Nugraha/kumparan
"Pemain naturaliasi akan datang pada 7 September. Jadi dia punya waktu persiapan sekitar dua minggu sebelum pertandingan di Taiwan. Ini bagus buat kami memiliki pemain yang bisa dominan di bawah ring," ucap Toroman saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Kamis (29/8/2019).
ADVERTISEMENT
"Dengan adanya big man, kami akan menjadi tim yang berbeda karena itu yang menjadi kesulitan kami. Jika punya pemain besar, kami tidak perlu melakukan double-team (penjagaan ganda) kepada satu pemain ketika bertahan," jelasnya.
Bowles kini tercatat sebagai pemain Rain or Shine Elasto Painters yang berkompetisi di Liga Basket Filipina (PBA). Pada musim 2019, ia rata-rata mencetak 28,8 poin, 11,7 rebound, dan 4,3 assist per laga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan