Pencarian populer

Asapi Hamilton, Vettel Segel Podium Pertama GP Belgia

Sebastian Vettel di GP Azerbaijan. (Foto: REUTERS/David Mdzinarishvili)
Sebastian Vettel (Sceduria Ferrari) menuntaskan Grand Prix (GP) Belgia dengan gemilang. Di sirkuit Spa, Belgia, Minggu (26/8/2018) malam WIB, Vettel yang memulai balapan di urutan kedua dapat mengakhiri dengan podium pertama.
ADVERTISEMENT
Kesuksesan Vettel tak cuma membikin dirinya dapat memangkas defisit poin dengan Lewis Hamilton (Mercedes), tetapi juga menjadi podium ketiga di Spa dan kelima musim ini sekaligus meruntuhkan dominasi Hamilton pada dua balapan sebelumnya.
Vettel memacu pedal gas sejak awal balapan. Pebalap dari tim Ferrari itu langsung menyalip Hamilton di putaran pertama dan menjadi pimpinan balapan. Di lap yang sama, drama sudah tersaji yang melibatkan Fernando Alonso dan Charles Leclerc ketika mengalami crash, sehingga safety car masuk ke lintasan.
Kecelakaan di awal balapan itu membuat rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, dan pebalap dari tim Mercedes itu, Valtteri Botas, apes. Raikkonen tak bisa melanjutkan balapan karena mobil yang dikendarai mengalami masalah pada mesin, sedangkan Bottas tercecer ke posisi 16.
ADVERTISEMENT
Setelah prosedur virtual safety car selesai, Vettel menjadikan itu sebagai momentum untuk membuat jarak semakin jauh dengan Hamilton. Penampilan meyakinkan Vettel berlanjut sampai lap 20. Pada lap tersebut, Vettel membuat jarak 3,376 detik dengan Hamilton. Interval yang cukup lebar.
Vettel memutuskan untuk masuk pit pada lap 23. Keputusan itu dijadikan momentum oleh Hamilton untuk memangkas jarak dengan melaju sekencang mungkin. Hasilnya, jarak Vettel dan Hamilton menjadi 1,730 detik yang membuat balapan berjalan seru.
Sementara itu, di lap serupa persaingan sengit juga terjadi antara pebalap di posisi empat dan lima. Bottas yang telah melakukan sejumlah overtaking berhasil menyalip Sergio Perez. Akan tetapi, pada putaran selanjutnya, Perez mengambil alih posisi empat.
ADVERTISEMENT
Vettel kemudian terus memperbaiki catatan waktu, meningkatkan kecepatan mobilnya. Saat lap ke-38, Vettel dapat membikin jarak 5,986 detik dengan Hamilton dan 24,474 detik dengan Max Verstappen yang menempati posisi ketiga.
Ketimbang perebutan posisi pertama, sampai balapan mencapai lap 40, persaingan terketat justru terjadi antara Bottas dan Perez. Jarak keduanya tak lebih dari 1 detik. Bottas yang terus menguntit Perez sejak balapan memasuki lap ke-30 berhasil menyalip pada lap ke-42.
Susunan empat besar tida berubah sampai balapan berakhir di putaran ke-44. Vettel merebut podium pertama untuk kelima kali musim ini. Posisi kedua ditempati oleh Hamilton. Sementara bagi Verstappen, menempati posisi ketiga berarti mengakhiri puasa naik podium dalam tiga seri sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80