Pencarian populer

Asian Para Games Hari ke-6: Emas Jendi Ikut Perkokoh Posisi Indonesia

Atlet para renang Indonesia, Jendi Pangabean. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Setelah panen medali di penyelenggaraan Asian Para Games hari kelima, kontingen Indonesia tidak mendapat terlalu banyak medali pada hari keenam, Kamis (11/10/2018). Jika di hari kelima ada 47 medali yang diraih, pada hari keenam Indonesia 'cuma' mampu menyabet 10 medali.
ADVERTISEMENT
Walau begitu, 10 medali itu rupanya sudah cukup untuk menjaga agar peringkat Indonesia di klasemen umum tidak melorot. Sampai saat ini, Indonesia tetap berada di urutan enam klasemen umum dengan koleksi 24 emas, 34 perak, dan 39 perunggu, hanya kalah dari China, Korea Selatan, Iran, Jepang, dan Uzbekistan.
Pada hari keenam ini, Jendi Pangabean mampu mempersembahkan emas. Perenang asal Muara Enim, Sumatera Selatan, itu turun pada nomor 100 meter gaya punggung putra kategori S9. Dengan catatan waktu 1 menit 7,45 detik, Jendi unggul atas wakil China dan Korea Selatan.
Atlet renang Indonesia Jendi Pangabean. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
"Rasanya ingin cepat-cepat menyudahi pertandingan, tapi bersyukur target tercapai yakni meraih emas. Besok saya masih bermain di nomor 100 meter gaya kupu-kupu dan 50 meter gaya bebas," kata Jendi pada Kamis (11/10).
ADVERTISEMENT
"Target untuk dua nomor itu tidak ada, dari pelatih hanya ditargetkan emas di nomor 100 meter gaya punggung. Yang pasti besok saya minta dukungannya lagi di hari terakhir cabang olahraga akuatik," imbuhnya.
Sementara itu, sembilan medali lain dibagi menjadi empat perak dan lima perunggu. Medali-medali tersebut diraih dari cabang atletik, balap sepeda, renang, serta angkat berat. Rinciannya: dua perak dari atletik, satu perak dari balap sepeda, satu perak angkat berat, satu perunggu angkat berat, satu perunggu renang, dua perunggu atletik, serta satu perunggu balap sepeda.
====
*Catatan Editor: Judul dan isi artikel sudah mengalami perubahan. Pada Kamis (11/10), hanya satu emas yang didapatkan Indonesia, yakni via Jendi Pangabean. Sebelumnya, tertulis bahwa ada emas juga dari tenis meja. Demikian kesalahan telah diperbaiki.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81