Pencarian populer

Brisbane International 2018 Menuai Cedera

Kyle Edmund cedera saat melawan Dimitrov. (Foto: REUTERS/Patrick Hamilton)

Brisbane International 2018 yang tadinya dianggap sebagai rangkaian persiapan petenis dunia untuk melakoni pertandingan di gelaran Australia 2018 secara ironis justru berbuah cedera sejumlah nama besar. Waktu penyelenggaraan yang tidak sampai dua minggu lagi menjadi alasan untuk mengkhawatirkan apakah mereka yang menuai cedera bisa tampil di kompetisi perebutan gelar Grand Slam pertama tahun ini.

Contohnya apa yang terjadi pada petenis asal Spanyol, Garbine Muguruza. Awalnya, Muguruza berpeluang menggeser posisi Simona Halep bila setidaknya, berhasil melangkah ke final turnamen Brisbane International 2018. Namun alih-alih mencapai final, ia justru dinyatakan kalah di pertandingan babak kedua saat berhadapan dengan Aleksandra Krunic, Selasa (2/1).

Di set ketiga saat kedudukan 2-1 untuk keunggulannya, Muguruza roboh di lapangan. Betis kanannya kram, kondisinya persis seperti yang dijelaskannya dalam konferensi seusai laga. Sempat mendapat perawatan, Muguruza memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan. Keputusan itu berakhir dengan kemenangan Krunic. Di set pertama, Muguruza berhasil menang dengan skor 7-5, namun Krunic berhasil menyamakan kedudukan di set kedua 7-6 (7-3).

Muguruza tetap memiliki kemungkinan untuk kembali bertanding di Australia Open 2018. Ia dikabarkan akan mengikuti Sydney International 2018 sebagai turnamen pemanasan menjelang Grand Slam.

Johanna Konta pun bernasib mirip dengan Muguruza. Tampil gemilang di partai pembuka Brisbane International 2018, Johanna Konta dipaksa mundur dari kompetisi karena cedera. Sempat kalah 4-6 di set pertama pada pertandingan pembuka melawan Madison Keys, Konta berhasil membalikkan keadaann di set kedua dan ketiga dengan kemenangan 6-4 6-3.

Petenis asal Inggris ini juga meraih tiket perempat final lewat kemenangan atas petenis Australia, Alja Tomljanovic. Mirip dengan pertandingan pembukanya, kemenangan Konta dipastikan setelah berhasil membalikkan kekalahan di set pertama 4-6 pada set kedua dan ketiga, masing-masing dengan skor 6-4 6-1.

Namun sayang, langkah Konta terhenti di babak perempat final saat berhadapan dengan Elina Svitolina, Kamis (4/1). Cedera pinggul yang didapatinya di set ketiga menjadi pangkal dari keputusan Konta untuk mundur dari gelaran Brisbane International 2018. Terkait keikutsertaannya di Australia Open 2018, sampai saat ini Konta mengaku masih belum bisa memberikan komentar.

Johanna Konta di China Open 2017. (Foto: WANG ZHAO / AFP)

Sementara dari nomor tunggal putra, Kyle Edmund juga dilanda cedera dalam pertandingan melawan Grigor Dimitrov, Jumat (5/1). Walaupun kalah, petenis asal Inggris itu dinilai telah menampilkan pertandingan yang menarik. Edmund tadinya kalah 3-6 di set pertama, namun berhasil membalikkan keadaan 7-6 (3) di set kedua, namu kalah 4-6 di set ketiga. Dalam set penentuan saat kedudukan 4-4, Edmund terlihat mendapat perawatan pada pergelangan kaki kanannya. Beruntung Edmund tetap dapat melanjutkan pertandingan. Tentang cederanya ini, Edmund tak memandangnya sebagai masalah besar. Ia menegaskan bahwa ia akan bertanding di Australia Open 2018, yang bakal dimulai pada 15 Januari mendatang di Melbourne.

Terkait gelaran Australia Open 2018, Andy Murray dan Serena Williams pada akhirnya menyatakan mengundurkan diri karena masalah kebugaran. Andy Murray yang membatalkan keikutsertaannya di Brisbane International 2018 kembali menelan pil pahit akibat cederanya. Murray yang sempat menjadi petenis nomor satu itu terakhir kali bertanding di Wimbledon pada Juli 2017. Kala itu, Murray kalah dari rival asal Amerika Serikat, Sam Querrey, di babak perempat final.

Setelah Murray, giliran Serena Williams yang menyatakan mundur dari perebutan gelar Grand Slam di Melbourne. Mundurnya Serena dari ajang Grand Slam pertama tahun 2018 ini diduga terkait masalah kebugaran. Serena memang tidak bermasalah dengan cedera, namun kondisinya dinilai belum pulih benar setelah melahirkan anak pertamanya pada September 2017 lalu. Petenis asal Amerika Serikat ini memang sudah kembali tampil pada laga ekshibisi di Abu Dhabi akhir Desember lalu, tapi setelah melakukan pertimbangan bersama timnya, ia memutuskan mundur dari gelaran Australia Open 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: