Pencarian populer

Cedera Tulang Belakang, Lorenzo Absen di GP Belanda

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, tak ingin memasang target tinggi pada MotoGP Argentina 2019. Foto: twitter/motogp
Jorge Lorenzo absen pada gelaran MotoGP Belanda 2019. Pebalap asal Spanyol itu terjatuh saat melakoni sesi latihan bebas pertama (FP1), Jumat (28/6/2019) siang WIB, dan harus menepi.
ADVERTISEMENT
Crash terjadi pada sisa lima menit sesi saat Lorenzo tengah memasuki tikungan ketujuh Sirkuit Assen. Pebalap berjuluk X-Fuera tersebut kehilangan kendali atas motor RC123V-nya, lalu terlempar dan terguling-guling di gravel.
Lorenzo terlihat masih bisa berjalan pasca-kecelakaan, kendati akhirnya dilarikan ke ruang perawatan menggunakan ambulans. Untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, sosok berusia 32 tahun itu kemudian dilarikan ke rumah sakit Groningen.
Awalnya, Lorenzo cuma diragukan turun di FP2, tetapi sebelum sesi tersebut dimulai Lorenzo mengonfirmasi kalau kondisinya tidak cukup fit untuk meneruskan rangkaian MotoGP Belanda yang balapan utamanya berlangsung pada Minggu (30/6) malam WIB.
Per laporan dari situs resmi MotoGP, hasil pemeriksaan menunjukkan Lorenzo mengalami patah tulang belakang (fractured D6 vertebra). Jika menilik cedera serupa yang dialami Lorenzo pada GP Thailand musim lalu, kemungkinan besar ia akan absen dalam dua seri.
ADVERTISEMENT
Jorge Lorenzo di Sirkuit Mugello. Foto: Filippo MONTEFORTE / AFP
Artinya, Lorenzo juga berpotensi tak ikut balapan seri kesembilan, GP Jerman, Minggu (7/7). Lorenzo dilaporkan akan terbang ke Barcelona untuk menjalani operasi dan rehabilitasi.
“Hasil CT scan Lorenzo menunjukkan ada fraktur pada vertebrata toraks ke-6. Dia kemungkinan besar akan ke Barcelona di mana dia memiliki ahli bedah saraf yang terpercaya. Dia pun akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut, khususnya MRI,” kata salah satu perwakilan medis MotoGP, Michele Zasa.
Ini bukan pertama kalinya Lorenzo mengalami cedera lantaran crash musim ini. Dua pekan sebelumnya, pemilik nomor balap 99 itu terjatuh saat menjajal tes di Catalunya. Mundur tiga bulan ke belakang, Lorenzo mengalami patah tulang rusuk saat sesi latihan bebas ketiga GP Qatar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81