Pencarian populer

China Terbuka: Tiga Wakil Indonesia Capai Semifinal

Anthony Ginting usai lolos ke semifinal. (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari/)

Tuntas sudah laga wakil Indonesia di babak perempat final China Terbuka 2018 yang digelar pada Jumat (21/9/2018) di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium. Hasilnya, tiga dari enam wakil berlaga menyegel tiket semifinal.

Di pertandingan pertama, Indonesia harus kehilangan wakil ganda campuran karena Ricky Karandasuwardi/Debby Susanto menuai kekalahan dari pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Tak tanggung-tanggung, kekalahan itu didapat Ricky/Debby dalam dua gim langsung 15-21, 11-21. Atas hasil ini, Indonesia dipastikan kehilangan semua wakilnya di nomor ganda campuran.

Kabar baik datang dari nomor tunggal putra. Penampilan impresif Anthony Ginting di babak 16 besar yang ditandai dengan kemenangan atas unggulan pertama, Viktor Axelsen, dilanjutkan dengan kemenangan atas Chen Long. Walau mengecap kekalahan 18-21 di gim pertama, Anthony mampu berbalik unggul 22-20, 21-16 di gim kedua dan ketiga.

Meneruskan rapor gemilang itu, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengandaskan perlawanan ganda Jepang, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto, dalam dua gim langsung 21-19, 21-16. Greysia/Apriyani meladeni perlawanan agresif Tanaka/Yonemoto dengan permainan ofensif yang tak kalah menggigit. Hasilnya, dalam 44 menit, tiket semifinal itu berhasil direngkuh oleh Greysia/Apriyani.

Kepastian satu tempat di babak semifinal ganda putra sudah berhasil diamankan bahkan sebelum laga dimulai. Sebabnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhadapan dengan Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama di babak perempat final.

Laga yang berlangsung selama 23 menit ini berakhir dengan skor 21-13, 21-12 untuk kemenangan duo Minions. Di awal gim pertama, sebenarnya Ricky/Angga berhasil mengimbangi permainan Marcus/Kevin yang ditandai dengan kejar mengejar skor mulai dari 1-1 hingga 3-3. Setelahnya, Ricky/Angga memang tertinggal, tapi jarak keunggulan Marcus/Kevin pun tak lebih besar dari tiga poin.

Dominasi permainan Marcus/Kevin akhirnya muncul usai interval. Tanpa ampun, mereka menggiring keunggulan 11-8 ke 13-9, 15-11, hingga 19-12. Meski Ricky/Angga berhasil menambah satu poin lagi, tekanan Marcus/Kevin makin tak terbendung. Kedudukan 19-13 itu diubahnya menjadi game point 20-13. Lantas, skor 21-13 menjadi penanda bahwa laga gim pertama ditutup dengan kemenangan untuk Marcus/Kevin.

Serupa gim pertama, gim kedua juga diawali dengan permainan ketat dan seimbang antara kedua pasangan ganda putra ini, setidaknya sampai Marcus/Kevin memimpin tipis 8-7. Namun, kombinasi kesalahan permainan sendiri dan agresivitas permainan ofensif Marcus/Kevin membuat raihan poin Ricky/Angga sempat terhenti di angka tujuh.

Sebaliknya, Marcus/Kevin melaju kencang sampai unggul 16-7. Walau berhasil mengamankan lima poin tambahan, perlawanan Ricky/Angga kandas juga setelah Marcus/Kevin mengamankan kemenangan 21-12 di gim kedua.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu lolos ke babak perempatfinal Jepang Terbuka 2018 usai kalahkan Sakuramoto/Takahata. (Foto: Dok: PBSI)

Di nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung tak dapat melanjutkan langkahnya ke semifinal. Bertanding melawan wakil Jepang, Nozomi Okuhara, Gregoria menelan kekalahan 15-21, 21-19, 12-21.

Walau tertinggal di awal gim pertama, Gregoria berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Sayangnya, permainan Gregoria di gim pertama kurang menggigit sehingga memberikan momentum kepada lawan untuk merengkuh poin.

Kalah 15-21 di gim pertama, Gregoria berhasil bangkit di kedua. Secara keseluruhan, jalannya laga gim kedua begitu ketat, terlebih usai interval. Hal ini ditandai dengan kejar-kejaran skor, mulai dari 11-11, 13-13, 15-15, hingga 17-17. Namun, setelah unggul tipis 19-18, Gregoria berhasil menjaga jarak dari Okuhara. Hingga akhirnya, kemenangan 21-19 itu berhasil dikunci oleh Gregoria di gim kedua.

Sementara di gim ketiga, permainan Gregoria kembali mati. Okuhara bahkan sanggup menjaga jarak keunggulan tetap lebar, mulai dari 5-1, 8-1, 11-4, hingga 17-9. Alhasil, biarpun Gregoria berhasil memetik tiga angka tambahan, Okuhara tak kesulitan untuk merengkuh poin demi poin yang pada akhirnya mengantarkannya pada raihan tiket semifinal.

Di laga semifinal, Anthony akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Chou Tien Chen, yang memasuki laga sebagai unggulan kelima. Di nomor ganda putra, ada Marcus/Kevin yang bakal berjuang mengalahkan perlawanan ganda China, Han Chengkai/Zhou Haodong. Sementara, sebagai perwakilan ganda putri Indonesia, Greysia/Apriyani dipastikan akan melawan pasangan Jepang yang juga memanggul status peringkat kedua, Misaki Matsutomo/Ayaka Takakhasi.

***

Laga semifinal China Terbuka 2018 akan berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium pada Sabtu (22/9/2018). Laga Anthony Ginting vs Chou Tien Chen akan menjadi pertandingan semifinal pertama, dimulai pada pukul 11:00 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53