Pencarian populer

Daniel Ricciardo Perkuat Renault Mulai Musim 2019

Ricciardo jelang balapan GP Jerman di Hockenheimring. (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)
Cukup lima tahun kebersamaan Daniel Riccardo dengan Red Bull Racing terjalin. Mulai musim 2019, pebalap Australia tersebut dipastikan akan membalap untuk tim pabrikan asal Prancis, Renault Sport.
ADVERTISEMENT
Kepindahan itu diumumkan secara resmi baik oleh Ricciardo, Red Bull, maupun Renault pada Jumat (3/8/2018). Di Renault, Ricciardo dikontrak selama dua musim balapan dan akan menjadi rekan setim Nico Hulkenberg.
"Ini barangkali merupakan salah satu keputusan tersulit yang harus kubuat sepanjang karier," kata Ricciardo seperti dilansir Reuters. "Akan tetapi, aku berpikir bahwa ini adalah waktu yang tepat bagiku untuk mencari tantangan baru yang lebih segar."
Kepindahan Ricciardo ke Renault ini boleh dibilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa musim terakhir tim pimpinan Jerome Stoll itu selalu berada di bawah Red Bull. Menariknya, Red Bull sendiri menggunakan mesin yang dipasok oleh Renault.
Ricciardo menyadari bahwa pada titik ini, Renault belum bisa disebut sebagai penantang serius untuk meraih gelar di Formula 1. Akan tetapi, pria 29 tahun itu mengaku terkesan dengan progres yang diraih calon tim barunya dalam dua musim belakangan.
ADVERTISEMENT
"Aku tahu bahwa setiap kali Renault turun berlaga di olahraga ini, mereka ujung-ujungnya bakal menang juga. Aku berharap bisa membantu mereka dalam perjalanan ini dan berkontribusi baik di dalam maupun di luar trek," imbuhnya.
Perkataan Ricciardo itu bukan tanpa dasar. Sebab, gelar juara Red Bull yang diraih saat mereka masih diperkuat Sebastian Vettel juga diraih dengan mesin Renault. Namun, sejak 2014 lalu hubungan Red Bull dan Renault memang sudah memburuk. Red Bull bahkan sebelumnya sudah pernah mencoba mendekati Mercedes. Sampai akhirnya, keputusan dibuat dan musim depan tim asal Austria itu akan menggunakan mesin Honda.
Adapun, kepindahan Ricciardo ke Renault ini akan menjadi awal dari efek domino perpindahan pebalap Formula 1. Carlos Sainz Jr., rekan Hulkenberg di Renault saat ini, sejatinya adalah pebalap pinjaman dari Red Bull. Akan tetapi, putra legenda reli Carlos Sainz itu kemungkinan takkan kembali ke tim aslinya karena Red Bull diberitakan tengah mengincar pebalap berbakat Prancis, Pierre Gasly, untuk mendampingi Max Verstappen.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Sainz Jr. bakal hijrah ke McLaren. Di tim tersebut, dia bakal membentuk duo Spanyol bersama pebalap kawakan Fernando Alonso.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86