kumparan
27 Jun 2019 14:39 WIB

Erick Thohir Terpilih Jadi Anggota Komite Olimpiade Internasional

Erick Thohir menghadiri peresmian Olympic House. Foto: Dok. Komite Olimpiade Indonesia
Nama Erick Thohir mendunia. Kali ini, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) tersebut terpilih menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC).
ADVERTISEMENT
Komite tertinggi yang menaungi olahraga sedunia itu menunjuk Erick sebagai anggota IOC dalam puncak sidang IOC ke-134 pada 26 Juni 2019 di Lausanne, Swiss.
Selain Erick, sidang tersebut juga mengesahkan sembilan anggota baru lainnya. Mereka dipilih oleh Komisi Pemilihan Anggota IOC yang diketuai oleh HRH The Princess Royal alias Putri Anne dari Inggris.
Dalam keterangan resminya, Erick mengaku terhormat usai disahkan sebagai bagian dari IOC. Apalagi, dirinya bisa mengangkat nama Indonesia setelah belasan tahun tanpa wakil di IOC.
Erick Thohir di Rabu Hijrah. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
"Ini juga menjadi kebanggaan bagi saya pribadi, dan terutama Indonesia karena setelah 12 tahun, muncul lagi perwakilan Indonesia, meskipun secara perorangan, di organisasi olahraga dunia ini. Setidaknya, Indonesia akan semakin dikenal di IOC dan forum olahraga internasional lainnya," ucap Erick, Kamis (27/6/2019).
ADVERTISEMENT
Erick melanjutkan kisah lama. Ia bukanlah orang Indonesia pertama yang menjadi anggota IOC. Sebelumnya, sudah ada mantan Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI), Rita Subowo, yang masuk menjadi anggota pada sidang IOC ke-119 (2007).
Tokoh-tokoh nasional lain, seperti Dadang Suprayogi, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan Mohammad "Bob" Hasan, juga pernah menempati posisi tersebut.
Namun, Erick tidak bertugas sebagai delegasi Indonesia di IOC. Sebaliknya, ia justru bertugas sebagai perwakilan IOC di Indonesia.
Menurut situsweb resmi olympic.org, IOC memiliki anggota sebanyak 105 orang. Tugas mereka adalah mewakili dan mempromosikan kepentingan IOC dan Gerakan Olimpiade di negara masing-masing.
Dalam keterangan yang diterima kumparanSPORT, anggota IOC juga bertugas menetapkan seluruh nomor event di Olimpiade. Mereka juga punya wewenang memilih dan menetapkan tuan rumah Olimpiade musim panas dan musim dingin.
ADVERTISEMENT
Selain 105 anggota, IOC juga memiliki 1 Presiden Kehormatan, 45 Anggota Kehormatan, dan 2 Honour Members. Saat ini, jabatan Presiden Kehormatan IOC diduduki oleh Jacques Rogge (Belgia).
Adapun, sidang IOC ke-134 tersebut membahas persiapan Olimpiade 2020 Tokyo serta menunjuk Yunani sebagai tuan rumah sidang berikutnya, yang dibuka pada 23 Juni 2021.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·