Pencarian populer

Fajar/Rian ke Semifinal, Jonatan Takluk dari Momota

Penampilan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di perempat final Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka jadwal pertandingan pertama bagi wakil Indonesia di babak perempat final Hong Kong Terbuka 2018. Hasilnya, ganda putra peringkat 10 dunia ini mampu menyegel satu tempat di semifinal.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Hong Kong Coliseum, Jumat (16/11/2018), Fajar/Rian menang dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 25-23 melawan wakil Taiwan, Lee Jhe Huei/Lee Yang, se Fajar/Rian menang dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 25-23 atas wakil Taiwan, Lee Jhe Huei/Lee Yang.
Meski hanya melakoni straight game, di gim kedua rival peringkat 16 dunia itu sempat menahan kemenangan Fajar/Rian hingga tercipta deuce. Bahkan, skor selalu ketat sejak skor 13-13.
Di gim pertama, Fajar/Rian awalnya lebih dulu tertinggal 0-5. Di interval, duo Lee lebih dulu mendapat 11 poin sementara angka di papan skor Fajar/Rian hanya menunjukkan angka 6.
Dengan sabar mengumpulkan poin demi poin, Fajar/Rian akhirnya menyamakan kedudukan di skor 12-12. Sejak itu, mereka mengunci momentum dan berbalik unggul hingga gim pertama ditutup.
ADVERTISEMENT
Usai pertandingan, Fajar mengatakan skor tertinggal di menit awal gim pertama karena Lee/Lee sudah membaca permainan mereka. Setelah sukses mengamankan gim pertama, di gim kedua Fajar dan Rian bisa lebih tenang di poin kritis.
Penampilan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di perempat final Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Saat itu, keunggulan 13-10 Fajar/Rian disamakan duo Lee menjadi 13 sama. Kembali alot di 14-14, setelahnya kedua ganda bergantian mendapat poin. Statistik gim kedua berulir, selalu menampilkan skor kembar hingga 23-23.
"Di awal kami tertinggal karena lawan mengantisipasi bola-bola kami. Di gim kedua kami memimpin tapi terkejar lawan. Kuncinya harus yakin, terutama di saat-saat kritis," kata Fajar kepada PBSI, dikutip Jumat (16/11).
"Kami saling mengingatkan, kalau sedang unggul, ketinggalan, atau saat setting. Kami harus tetap fokus poin demi poin karena pertandingan masih belum selesai," timpal Rian.
ADVERTISEMENT
Lolos ke empat besar, lawan Fajar/Rian dipastikan akan berat, antara andalan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda sebagai unggulan keempat turnamen atau He Jiting/Tan Qiang dari China yang merupakan finalis Fuzhou China Terbuka 2018.
"Kami belum puas dengan hasil ini, masih ada besok dan lusa, kalau lawan Kamura/Sonoda, kami harus siap capek karena mereka tidak mudah dimatikan. Misalnya bertemu He/Tan, mereka power-nya bagus dan penampilannya sedang meningkat, kami harus mengatur pola main yang benar," ucap Fajar.
Penampilan Jonatan Christie di perempat final Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Setelah Fajar/Rian, wakil Indonesia yang bertanding adalah peraih emas nomor perorangan Asian Games 2018, Jonatan Christie. Sayangnya, tiket terlepas dari Jonatan usai kalah dari tunggal terbaik dunia, Kento Momota (Jepang), dengan skor 24-22, 9-21, dan 9-21.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, Jojo --sapaan akrab Jonatan-- bisa mengatasi Momota di pengunjung gim pertama. Tipis 12-11, skor Jojo yang meroket hingga 20-15 berganti deuce 20-20. Namun, tunggal peringkat 12 dunia ini melewati masa-masa kritis dan kembali unggul hingga gim pertama ditutup.
Sayang di gim kedua dan ketiga, Jojo tidak konsisten. Di gim kedua, interval sudah tertinggal jauh 3-11. Pun gim ketiga, Momota hanya membiarkan Jojo mendapat dua poin hingga interval. Ditekuk di perempat final Hong Kong Terbuka, kekalahan Jojo membuat head-to-head dengan Momota menjadi 0-2.
Pertemuan pertama mereka di All England 2016 juga berakhir dengan kekalahan Jojo meski telah berjuang menahan selama tiga gim pertandingan. Di semifinal, Momota akan melawan unggulan keenam turnamen, Son Wan Ho (Korea Selatan).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85