kumparan
25 Mei 2018 13:11 WIB

Final Wilayah Barat: Kalahkan Warriors di Gim Lima, Rockets Unggul 3-2

Warriors vs Rockets. (Foto: John Glaser-USA TODAY Sports via Reuters)
Houston Rockets akhirnya membalikkan keadaan. Melakoni gim kelima final Wilayah Barat NBA di Toyota Center, Jumat (25/5/2018) pagi WIB, Rockets menumbangkan Golden State Warriors dengan skor 98-94.
ADVERTISEMENT
Kemenenangan ini membuat Rockets kini unggul 3-2 dan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk meloloskan diri ke final NBA. Namun, Warriors masih punya kans karena jika bisa menang di gim keenam yang tersaji di markas mereka, Warriors bisa memaksakan gim terakhir atau ketujuh.
Berbeda dengan laga-laga sebelumnya yang memunculkan James Harden sebagai pemain paling moncer. Di laga ini justru pemain cadangan Rockets, Erick Gordon, yang muncul sebagai pemain tersubur dengan sumbangan 24 poin.
Harden sendiri menyumbangkan 19 poin, Chris Paul 20 poin, sedangkan Clint Capela membukukan double-double dengan 12 poin dan 14 rebound. Namun, yang unik dari Rockets adalah pelatih Mike D'Antoni hanya memainkan tujuh pemain dengan rata-rata bermain di atas 35 menit.
ADVERTISEMENT
Lain hal dengan Warriors yang memainkan 10 pemain, tetapi 5 pemain cadangan mereka tidak memberikan banyak kontribusi. Total angka yang disumbang pemain bench Warrios hanya 4, berbanding 33 milik Rockets yang hanya memainkan dua pemain cadangan.
Meski begitu, para pemain bintang Warriors tetap tampil mendominasi. Kevin Durant contohnya mencetak 29 poin, lalu Stephen Curry dengan 22 poin, dan Klay Thompson dengan 23 poin.
Sayang bagi Warriors, sedang apiknya juru gedor mereka tidak diimbangi dengan permainan tim yang solid dan kerap melalukan kesalahan sendiri, total Warriors melakukan 18 kali turnover, berbanding 10 milik Rockets.
Di lain sisi Rockets melakukan serangan yang efektif dan dibarengi pertahanan solid. Total Rockets melakukan 10 steal dan 3 block. Kondisi ini diakui Harden sangat membantu timnya memenangi laga.
ADVERTISEMENT
"Kami kembali mengandalkan pertahanan, di gim sebelumnya (empat) tembakan kami sering meleset, tapi secara pertahanan kami sangat bagus. Di gim kali ini pun sama seperti itu," kata Harden usia laga dilansir ESPN.
Kevin Durant diblok oleh Ariza. (Foto: Troy Taormina-USA TODAY Sports via Reuters)
Namun, kemenangan Rockets kudu dibayar mahal dengan kehilangan Chris Paul. Eks pemain Los Angeles Clippers itu terkena cedera hamstring saat laga tinggal tersisa 51,7 detik lagi. Paul pun belum bisa dipastikan bisa turun di gim enam.
"Kita akan lihat nanti apakah dia bisa bermain di gim enam atau tidak. Kami akan memastikan kondisinya besok. Mereka (medis) akan melakukan semua yang mereka bisa, jika Paul bisa itu bagus. Jika tidak, kami punya pemain lain dan kami akan baik-baik saja," kata pelatih Mike D'Antoni.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, pelatih Warriors, Steve Kerr, menilai timnya sudah bermain cukup bagus, hanya saja ia menyayangkan beberapa kesalahan yang tidak perlu. Kerr pun berharap para pemainnya bakal melakoni gim keenam dengan rasa marah untuk memperpanjang asa lolos ke partai puncak NBA untuk empat musim beruntun.
"Saya ingin para pemain melupakan kekalahan ini, saya tidak merasa masalah dengan kekalahan ini. Saya yakin dengan apa yang saya lihat di pertandingan ini, kami bertahan dengan bagus, kami memiliki semua yang diperlukan. Hanya saja terlalu banyak turnover, terlalu banyak pelanggaran. Jika kami lebih tenang, kami akan berada di bentuk permainan terbaik," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·