kumparan
15 Jun 2018 16:30 WIB

FP1 GP Catalunya: Rossi Tercepat, Zarco Terhindar dari 'Crash'

Rossi tercepat di FP1 GP Catalunya. (Foto: FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Hanya karena Piala Dunia 2018 sedang bergulir, bukan berarti para pebalap MotoGP menghentikan laju mereka di atas lintasan balap. Kompetisi MotoGP 2018 akan memasuki seri keenam pada Minggu (17/6/2018) pukul 19:00 WIB. Kali ini, para pebalap papan atas itu akan beradu cepat di atas Sirkuit Barcelona-Catalunya.
ADVERTISEMENT
Latihan bebas pertama (FP1) yang digelar pada Jumat (15/6/2018) di sirkuit yang sama ditutup dengan keberhasilan Valentino Rossi sebagai pebalap tercepat. Catatan waktu 1 menit 39,456 detik memberikan harapan bagi pebalap Movistar Yamaha ini untuk melakoni GP Catalunya dengan gemilang.
Di belakang catatan waktu Rossi, ada duo andalan Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Dovi ada di urutan kedua dengan catatan waktu 1 menit 39,803 detik, sementara Lorenzo mengisi tempat ketiga dengan selisih waktu 0,001 detik lebih lambat ketimbang Dovi. Menutup empat besar, ada penggawa Repsol Honda, Marc Marquez, yang membukukan catatan waktu 1 menit 39,882 detik.
Di sisi lain, keberhasilan Marquez menjadi pebalap empat besar tidak diikuti oleh rekan setimnya, Dani Pedrosa. Di latihan bebas pertama ini, Pedrosa hanya sanggup mencatatkan diri sebagai pebalap tercepat ke-12. Adapun, ia berselisih waktu sekitar 0,998 detik dengan Rossi yang ada di urutan terdepan.
ADVERTISEMENT
Capaian Johann Zarco di FP 1 GP Catalunya ini juga tak buruk-buruk amat. Berpacu dengan kecepatan tertinggi 336,5 km/jam, sang pebalap Prancis menorehkan catatan waktu 1 menit 39,933 detik.
Di latihan bebas pertama ini keberuntungan masih menghinggapi Zarco. Ia sempat hampir tergelincir karena kehilangan keseimbangan saat melintasi tikungan. Yang melegakan, pebalap berusia 27 tahun ini berhasil mengambil kendali dan menguasai motornya sehingga ia terhindar dari crash.
Mengekor Zarco, pebalap besutan Movistar Yamaha, Maverick Vinales, yang menutup latihan bebas pertama sebagai pebalap tercepat keenam. Bila dibandingkan dengan Zarco, ia lebih lambat 0,181 detik.
Menutup 10 besar, ada Cal Crutchlow (LCR Honda) di urutan tujuh, Tito Rabat (Reale Avintia) di posisi delapan, Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) ada di urutan sembilan, dan Jack Miller (Alma Pramac) di urutan 10.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan