Pencarian populer

FP1 GP China: Salip Catatan Waktu Hamilton, Vettel Jadi yang Tercepat

Sebastian Vettel tampil impresif di FP1 GP China. Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed

Satu setengah jam sesi latihan bebas pertama (FP1) Formula 1 GP China 2019 menjadi arena bagi Scuderia Ferrari untuk menunjukkan kualitasnya. Sebastian Vettel menjadi yang tercepat kala berlatih di atas Sirkuit Internasional Shanghai pada Jumat (12/4/2019).

Ngomong-ngomong soal GP China 2019, ini menjadi seri spesial bagi Formula 1. Balapan yang akan digelar pada Minggu (14/4/2019) menjadi balapan ke-1.000. Itulah sebabnya akun-akun sosial media Formula 1 menyematkan angka 1.000 pada profile picture mereka.

Cuaca Shanghai yang bersahabat menjadi kawan yang ramah pula bagi para pebalap Ferrari. Selain catatan waktu 1 menit 33,911 detik yang mengantarkan Vettel sebagai pebalap tercepat, torehan waktu terbaik 1 menit 34,167 detik turut membawa sang kompatriot, Charles Leclerc, sebagai pebalap tercepat ketiga.

Yang menutup FP1 sebagai pebalap tercepat kedua adalah Lewis Hamilton. Pebalap andalan Mercedes ini menyegel catatan waktu terbaik yang berselisih 0,207 detik dari Vettel.

Jalannya FP1 dibuka dengan torehan waktu terbaik 1 menit 41,339 detik milik legenda hidup, Robert Kubica. Tak peduli tim apa atau pebalap mana pun yang kau idolakan, kembalinya Kubica ke atas lintasan balap mobil paling elite ini patut dirayakan.

Itu soal Kubica yang kini turun lintasan bersama ROKiT Williams Racing. Beralih ke Force India, ada Lance Stroll yang di FP1 sudah mengalami sedikit masalah dengan mobilnya. Memang bukan crash, sih. Pebalap Kanada yang menjajal F1 pertama kali pada GP Australia 2017 ini kehilangan keseimbangan di ujung lap.

Beruntung, Stroll tidak kehilangan kontrol sepenuhnya sehingga manuver spin yang dilakoninya dapat menghentikan laju mobil. Artinya, Stroll terhindar dari crash. Phew. "Bannya seperti membeku," seperti itu laporan Stroll kepada timnya. Hmm... Semoga semuanya membaik di latihan bebas kedua.

Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani

Saat latihan bebas berjalan selama 35 menit, Vettel menjadi pebalap front-runner pertama yang menorehkan catatan waktu tercepat, 1 menit 35,395 detik. Tapi, 10 menit berselang, Hamilton langsung menyalip catatan waktu tersebut.

Sang pebalap Inggris menyegel waktu terbaik 1 menit 35,102 detik. Sementara, Valtteri Bottas mengekor di urutan kedua akibat selisih waktu 0,043 detik.

Fans Mercedes jangan senang dulu. Dua puluh enam menit menjelang berakhirnya FP1, Vettel naik ke urutan pertama menggeser Hamilton. Hebatnya, Leclerc pun sanggup menggeser Bottas dan mengamankan urutan ketiga sementara.

Hingga FP1 menyisakan 20 menit, pebalap Alfa Romeo Racing, Antonio Giovinazzi, masih belum menorehkan catatan waktu. Bos Alfa Romeo menjelaskan kepada Sky Sports bahwa mobil Giovinazzi mengalami masalah power-loss. Akibatnya, pebalap Italia ini hanya mencoba dua lap tanpa menorehkan catatan waktu.

Ya, begitulah, kira-kira jalannya sesi latihan bebas perdana. Para pebalap masih akan melintas di sirkuit yang sama untuk melakoni sesi latihan bebas kedua yang berlangsung pada Jumat (12/4/2019) pukul 13:00 WIB.

Sementara, sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi akan digelar pada Sabtu (13/4/2019) mulai pukul 10:00 WIB. Setelah semua rangkaian itu beres, para pebalap akan berpacu memperebutkan podium puncak Sirkuit Internasional Shanghai pada Minggu (14/4/2019) pukul 13:10 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20