Pencarian populer

FP1 MotoGP Jerman: Ungguli Marquez di Menit Akhir, Quartararo Tercepat

spPebalap Prancis, Fabio Quartararo. Foto: LLUIS GENE / AFP
Latihan bebas pertama (FP1) ibarat pijakan awal bagi Fabio Quartararo untuk menghapus supremasi Marc Marquez di MotoGP Jerman. Melintas di Sirkuit Sachsenring pada Jumat (5/7/2019), Quartararo menjadi pebalap tercepat berkat catatan waktu 1 menit 21,390 detik.
ADVERTISEMENT
Keunggulan 0,074 detik yang dibukukan Quartararo itu menggusur catatan waktu Marquez satu setrip ke bawah. Nah, posisi tiga besar ditutup oleh Valentino Rossi yang mengantongi catatan waktu 1 menit 21,964 detik.
Empat menit FP1 ditandai oleh Rins sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 23,267 detik. Tapi, situasi itu tak bertahan lama. Semenit kemudian, Marquez mengambil alih berbekal keunggulan 0,847 detik.
Awal-awal FP1 menjadi periode yang menjanjikan bagi Cal Crutchlow. Catatan waktu pebalap asal Inggris menempatkannya di urutan ketiga, satu setrip di atas Rossi.
Masalahnya, pebalap lain juga belum menyerah. Terbukti, Andrea Iannone sudah mengambil alih posisi ketiga diikuti oleh Jack Miller, Rossi, Aleix Espargaro, Stefan Bradl pada menit kedelapan FP1. Itu berarti, Crutchlow tergusur hingga urutan kedelapan.
ADVERTISEMENT
Marc Marquez (Repsol Honda) mengetes RC213V di Circuit de Barcelona-Catalunya. Foto: Dok. MotoGP
Perubahan posisi puncak terlihat ketika sesi menyisakan 32 menit. Marquez tetap menjadi yang tercepat, tapi ia berhasil memperbaiki catatan waktu menjadi 1 menit 21,464 detik. Catatan waktu pebalap Suzuki Ecstar, Rins, belum beranjak dari posisi kedua. Nah, posisi ketiga ditempati oleh Quartararo.
Posisi tiga pebalap tercepat memang cenderung stabil, tapi persaingan sengit ada di urutan empat hingga enam. Pada menit ke-19, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Rossi bersaing ketat di area tiga posisi ini.
Meski baru berstatus sebagai latihan bebas, Sachsenring sudah menampilkan fragmen crash. Kecelakaan ini tidak terjadi di Tikungan 11 yang terkenal angker itu, tapi di Tikungan 8. Adalah pebalap Pramac Racing, Francesco 'Pecco' Bagnaia, yang ketiban sial.
ADVERTISEMENT
Beralih ke Repsol Honda, Bradl yang berlomba menggantikan Jorge Lorenzo belum bisa membukukan catatan waktu yang meyakinkan ketika FP1 menyisakan 15 menit. Di momen ini, ia masih di urutan ke-15. Mari berharap catatan waktunya membaik di sesi latihan bebas selanjutnya.
Valentino Rossi saat akan memulai balapan. Foto: REUTERS/Jon Nazca
Situasi tak banyak berubah tiga menit jelang FP1 tuntas. Marquez tampil perkasa dan menjadi pebalap tercepat. Sementara, masing-masing Rins dan Quartararo menjadi pebalap tercepat kedua dan ketiga.
Tapi, tak ada yang bisa berleha-leha sebelum sesi benar-benar tuntas. Buktinya di dua menit terakhir, Rossi menggila dan merengkuh predikat pebalap tercepat kedua.
Hanya, situasi ini juga tak bertahan lama. Satu menit jelang FP1 tuntas, giliran Quartararo yang pamer magi dan menggusur Marquez dari urutan terdepan. Hingga FP1 benar-benar beres tiga posisi terdepan diamankan oleh Quartararo, Marquez, dan Rossi.
ADVERTISEMENT
Rangkaian pra-balapan GP Jerman belum selesai. Gelaran akan berlanjut ke sesi latihan bebas kedua (FP) yang digelar pada Jumat (5/7/2019) pukul 19:10 WIB.
Sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi akan digelar pada Sabtu (6/7/2019) masing-masing pada pukul 14:55 WIB dan 19:10 WIB. Sementara, balapan bakal dihelat pada Minggu (7/7/2019) pukul 19:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80