kumparan
6 Sep 2019 22:04 WIB

FP2 GP Italia: Lagi, Leclerc Jadi Pebalap Tercepat

Charles Leclerc. Foto: ZURAB KURTSIKIDZE/AFP
Apakah Charles Leclerc akan menjadi pebalap yang finis paling awal pada balapan GP Italia, Minggu (8/9/2019)? Well, tanda-tanda ke sana, sih, cukup menjanjikan.
ADVERTISEMENT
Semenjak memenangi GP Belgia akhir pekan lalu, Leclerc menunjukkan bahwa kepercayaan dirinya tengah membumbung. Sudah begitu, performa mobil Ferrari yang ia kendarai memang mendukungnya untuk tampil apik.
Pada sesi latihan bebas perdana GP Italia, Jumat (6/9), Leclerc tampil sebagai pebalap tercepat. Padahal, sesi tersebut tak berlangsung dalam keadaan yang menyenangkan.
Hujan yang mengguyur Sirkuit Monza sejak semalam sebelumnya membuat sesi tersebut berlangsung dalam trek basah. Tiga pebalap, yakni Kimi Raikkonen, Sergio Perez, dan Pierre Gasly, sempat melintir di lintasan, membuat red flag tiga kali dikibarkan.
Pada sesi kedua yang jauh lebih bersahabat --karena cuaca cerah dan trek kering--, Leclerc makin moncer. Ia menorehkan catatan waktu 1:20,978 detik, unggul 0,068 detik atas Lewis Hamilton (Mercedes) yang berada di posisi kedua.
ADVERTISEMENT
Rekan setim Leclerc di Ferrari, Sebastian Vettel, berada di posisi ketiga. Vettel menorehkan catatan waktu 1:21,179 detik, berselisih 0,201 detik dari catatan waktu Leclerc. Sementara itu, Valtteri Bottas (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull) menempati posisi keempat dan kelima.
Kendati begitu, bukannya Leclerc dan Ferrari tidak punya problem. Pada sesi latihan bebas kali ini, Mercedes tampak lebih superior ketika melesat di trek lurus.
Per laporan Crash, Leclerc bahkan sempat bertanya kepada timnya, apakah mobilnya bermasalah ketika melesat di trek lurus. Namun, kubu Ferrari menenangkannya dengan mengatakan tidak ada masalah sama sekali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan