kumparan
5 Jul 2019 20:11 WIB

FP2 MotoGP Jerman: Magi Belum Sirna, Marquez Jadi Pebalap Tercepat

Selebrasi Marc Marquez usai menang di Sachsenring pada GP Jerman 2018. Foto: Robert MICHAEL/AFP
Hanya karena ini masih sesi latihan bebas kedua (FP2), bukan berarti Marc Marquez tak mau menggila. Ia berusaha mengamankan catatan waktu tercepat, menguji diri untuk menjadi yang tercepat di atas Sirkuit Sachsenring pada Jumat (5/7/2019).
ADVERTISEMENT
Upaya itu tak membikin gigit jari. Pebalap asal Spanyol ini sukses menjadi yang tercepat, mengantongi catatan waktu 1 menit, 20,705 detik. Alex Rins tercatat sebagai pebalap tercepat kedua berbekal torehan waktu 1 menit 21,046 detik.
Menutup tiga besar, Fabio Quartararo membukukan catatan waktu 1 menit 21,065 detik. Sepertinya, ini bukan hasil yang memuaskan untuk Quartararo. Sang pebalap Prancis tak sungkan memperlihatkan kekesalannya di pengujung sesi.
Pertanda bahwa Marquez akan menutup sesi sebagai yang tercepat sudah tampak jelas sejak awal FP2. The Baby Alien memimpin torehan waktu, mengamankan angka 1 menit 21,113 detik.
Mengekor tepat di belakangnya adalah Rins. Sungguh pengingat yang tepat atas apa yang terjadi di latihan bebas perdana, bukan?
ADVERTISEMENT
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, finis kedua di GP Spanyol 2019. Foto: Dok. Suzuki MotoGP
Bedanya, dalam 11 menit pertama, catatan waktu terbaik ketiga disegel oleh Aleix Espargaro yang menutup FP1 di deretan antah berantah, alias papan tengah.
Susunan tiga besar tadi bertahan hingga--setidaknya--15 menit pertama. Mereka yang belum sanggup menjejak ke tiga besar seperti Jack Miller, Valentino Rossi, Maverick Vinales, hingga Fabio Quartararo terus berupaya memperbaiki catatan waktu. Namun, perubahan itu belum muncul hingga FP2 menyisakan 22 menit.
Persaingan malah cenderung ketat di papan tengah. Pol Espargaro, Cal Crutchlow, dan Stefan Bradl berebut menelurkan catatan waktu yang mengantarkan mereka pada delapan besar.
Empat menit berselang, akhirnya Quartararo kembali menjadi pebalap tercepat unggul 0,013 detik atas Marquez. Itu berarti, Rins turun satu setrip akibat terpisah 0,308 detik dari Quartararo.
ADVERTISEMENT
Kabar gembira datang di tengah FP2. Pramac Racing mengonfirmasi bahwa Francesco 'Pecco' Bagnaia bisa kembali melintas di latihan bebas ketiga (FP3). Sebagai pengingat, Pecco mengalami crash di FP3 ketika melaju di Tikungan 8.
Andrea Dovizioso yang sejak awal FP2 seolah tenggelam, akhirnya menunjukkan batang hidungnya ketika sesi tinggal sembilan menit. Dari papan tengah, catatan waktunya membaik dan naik ke urutan keempat. Tepat di bawahnya ada Vinales yang belum mampu menembus tiga besar sejak awal.
Rossi yang tampil meyakinkan di FP1 seolah mati gaya di FP2. Enam menit jelang sesi tuntas, catatan waktunya masih terdampar di urutan kedelapan. Bahkan, capaian Aleix jauh lebih baik daripada The Doctor. Pebalap Aprilia itu membukukan catatan waktu yang menempatkannya di urutan keenam.
ADVERTISEMENT
Rins yang sempat turun ke urutan ketiga akhirnya membukukan catatan waktu yang membawanya jadi pebalap tercepat sementara pada menit ke-37. Pebalap asal Barcelona itu menyegel catatan waktu 1 menit 21,046 detik. Di momen ini, urutan empat besar diisi oleh Rins, Quartararo, Marquez, dan Dovizioso.
Namun demikian, Rins tak bisa berlama-lama menyandang status pebalap tercepat. Sekitar dua menit jelang FP2 beres, predikat itu kembali melayang ke Marquez yang melesat dengan catatan waktu 1 menit 20,705 detik.
Pebalap andalan Petronas Yamaha AMG, Fabio Quartararo. Foto: Dok. Petronas Motorsports
Di pengujung sesi, Vinales akhirnya menembus empat besar. Sementara, catatan waktu Pol ikut membaik dan ada di posisi kelima. Meski demikian, tiga catatan waktu tercepat tak berubah. Marquez menutup sesi sebagai pebalap tercepat, Rins dan Quartararo mesti rela menjadi yang nomor dua dan tiga.
ADVERTISEMENT
FP3 akan digelar pada Sabtu (6/7/2019) pukul 14:55 WIB. Agenda pra-balapan berlanjut hingga sesi kualifikasi pada pukul 19:10 WIB. Klimaksnya, balapan MotoGP Jerman 2019 bakal berlangsung pada Minggu (7/7/2019) pukul 19:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·