Pencarian populer

GP Inggris: Hamilton Menang, Bottas di Belakangnya

Lewis Hamilton memimpin balapan di GP Inggris. Foto: REUTERS/John Sibley

Lewis Hamilton kembali bersinar. Pada seri ke-10 Formula 1 2019 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (14/7/2019) malam WIB, sang pebalap tuan rumah berhasil merengkuh kemenangan. Semakin spesial karena raihan ini membuatnya menjadi pebalap F1 tersukses di GP Inggris dengan enam kemenangan.

Sementara terkait performanya di musim ini secara keseluruhan, podium pertama di Inggris merupakan kemenangan ketujuhnya. Dengan torehan tersebut, Hamilton kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 222 poin.

***

Duo pebalap Mercedes langsung tancap gas sejak lampu start menyala. Valtteri Bottas yang memulai dari baris terdepan, sanggup menjaga posisinya dari kejaran Hamilton yang mengekor persis di urutan kedua, dan Charles Leclerc mengikuti di posisi ketiga.

Sampai putaran berjalan, Hamilton terus menempel ketat Bottas dan berkali-kali punya kans melakukan over taking. Wajar tekanan dari Hamilton hadir menilik jaraknya dengan Bottas cuma terpaut kurang dari satu detik. Namun, Bottas sanggup mengamankan posisinya.

Hamilton berhasil menyalip di pertengahan lap keempat, tapi hanya sementara lantaran Bottas kembali merebut posisi pertama tak lama berselang. Sementara itu, persaingan sengit terjadi antara Leclerc dan Max Verstappen di posisi tiga-empat.

Ada pula persaingan antara Sebastian Vettel dan Pierre Gasly di urutan lima-enam. Tapi, Gasly memilih masuk pit di lap ke-14 sehingga Vettel naik ke posisi lima dan Gasly sendiri turun ke urutan 10 saat kembali ke lintasan.

Memasuki lap 20-an, Bottas masuk ke pit yang bikin Hamilton mengambil alih pimpinan balapan. Di momen ini, Giovinazzi dari Alfa Romero mengalami kecelakaan sehingga prosedur virtual safety car (VSC) diberlakukan. Hamilton memanfaatkan kondisi ini untuk masuk ke pit.

Para pebalap lepas dari garis start di Formula 1 GP Inggris. Foto: REUTERS/John Sibley

Kondisi itu bikin Hamilton tetap memimpin balapan ketika kembali ke lintasan. Ia di depan Bottas dengan jarak kurang dari dua detik. Hingga lap ke-30, pebalap asal Inggris tersebut mampu menjaga posisi pertama. Sementara Vettel yang naik ke posisi tiga, terpaut 6,7 detik dari Hamilton.

Ketika barisan terdepan hampir tak ada persaingan, pertarungan sengit terjadi antara para pebalap Red Bull dan Ferrari. Leclerc dengan Gasly di perebutan posisi lima dan Vettel dengan Verstappen di perburuan posisi ketiga.

Leclerc berhasil menyalip Gasly di putaran ke-36, dan Verstappen menyusul Vettel di putaran ke-38. Tapi, insiden terjadi ketika Vettel coba menyalip lagi Verstappen. Bagian depan mobil Vettel menghantam bagian belakang Verstappen sehingga kedua pebalap keluar lintasan.

Kedua memang bisa kembali ke lintasan, tapi posisi mereka turun. Verstappen menempati urutan kelima, sedangkan Vettel yang masuk ke pit untuk mengganti bagian sayap, terjun ke posisi 17 di lap 42.

Memasuki lima putaran terakhir, Bottas kembali masuk pit sehingga Hamilton bisa menjauhkan jaraknya menjadi 21 detik. Dengan selisih ini, Bottas sama sekali tak sanggup menipiskan jarak apalagi menyalip rekan satu timnya itu.

Hingga 53 putaran terlewati, Hamilton akhirnya melewati garis finis sebagai pemenang dengan keunggulan 24,928 detik dari Bottas di posisi kedua. Sementara Leclerc berhasil menyegel podium ketiga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57