Pencarian populer

GP Jerman: Si Spesialis Paruh Musim yang Spesial bagi Marc Marquez

Marc Marquez merayakan kemenangan di Sachsenring bersama para penggemarnya pada GP Jerman 2018. Foto: Robert MICHAEL/AFP
Sirkuit Saxony alias Sachsenring yang terletak 8 km di sebelah barat Kota Chemnitz, Saxony, bertugas menghelat seri MotoGP di Negeri Panser Jerman sejak 1998. Memiliki trek hanya sepanjang 3,7 kilometer (km), Sachsenring berhak menyandang status sebagai trek terpendek di MotoGP.
ADVERTISEMENT
Apa yang spesial dari sirkuit ini? Well, menurut situsweb MotoGP, race di Sachsenring menyajikan potret indahnya hutan, sungai, danau, dan gunung dari Dresden, Leipzig, dan Chemnitz --tiga kota yang mengelilingi sirkuit.
Dari Sachsenring juga, lahir pebalap-pebalap andal di antaranya Anton Mang, Rolf Waldmann, Dieter Braun, hingga Stefan Bradl dan Sandro Cortese. Musim ini, rider milenial Spanyol, Marc Marquez, membawa misi khusus ke MotoGP Jerman di Sachsenring. Apa itu?
Sambil menunggu balapannya, yuk, simak data dan fakta GP Jerman yang telah kumparanSPORT rangkum!
Sirkuit Saxony alias Sachsenring, tempat penyelenggaraan MotoGP Jerman. Foto: Dok. MotoGP
1. Profil Sirkuitnya
Balapan pertama di Sachsenring digelar pada 1927. Pada 1996, cikal bakal trek yang digunakan sekarang dibangun dan menggelar balapan pertamanya dua tahun kemudian.
ADVERTISEMENT
Perubahan layout secara besar-besaran terjadi pada 2001. Saat ini, Sachsenring memiliki trek sepanjang 3,7 km (tepatnya 3,671 km) dengan trek lurus terpanjang sejauh 700 m.
Para rider bakal menjajal 30 lap dengan melewati 10 tikungan kiri dan tiga tikungan kanan. Adapun, all time lap record disegel oleh Marc Marquez selama 1:20,270 detik pada 2018.
2. Balapan Sebelum Libur Musim Panas
Bicara GP Jerman, jangan lupakan statusnya sebagai seri penutup paruh pertama musim balap mulai 2014.
Pada 2014, GP Jerman di Sachsenring menjadi seri ke-9 (setelah GP Belanda dan sebelum GP Indianapolis) dari 18 seri yang ada. Sejak itu, GP Jerman rutin menggelar balapan penentu paruh musim alias langganan menjadi seri ke-9.
ADVERTISEMENT
Tahun 2018, meski balap MotoGP bertambah jadi 20 seri setiap musim, GP Jerman tetap bertugas sebagai penanda paruh pertama musim.
Selama jeda itu, para pebalap biasanya menikmati waktu luang untuk berlibur di musim panas bersama keluarga, kerabat, hingga menikmati aktivitas luar lapangan selain balapan seperti jet ski.
3. Klasemen Jelang Paruh Musim 2019
Dilansir situsweb MotoGP, sudah ada lima pemenang dari empat manufaktur berbeda yang memenangi balapan hingga GP Belanda, seri sebelum GP Jerman.
Teranyar, ada Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang menang di Sirkuit Assen pada 30 Juni 2019. Selain Vinales, tiga rider yang mencicipi satu kemenangan hingga seri ke-8 adalah Andrea Dovizioso (Ducati), Danilo Petrucci (Ducati), dan Alex Rins (Suzuki).
ADVERTISEMENT
Sementara, Marc Marquez (Honda) meraup empat kemenangan dan kukuh sebagai pemuncak klasemen dengan 160 poin jelang menutup paruh musim di Jerman.
Penampilan Marc Marquez di Sachsenring. Foto: Dok. Box Repsol Honda
3. Keangkeran Tikungan 11
Dengan arah trek berlawanan jarum jam, layout Sachsenring kerap menyulitkan pebalap saat melewati tikungan. Namun, yang menjadi momok para rider adalah 'Waterfall' yang terletak di Tikungan 11. Tikungan di Sektor 3 ini menyempit di ujung trek lurus.
Dikutip dari situsweb Red Bull, Tikungan 11 yang menurun cepat dilewati pebalap dalam sekejap mata. Tantangan terbesar adalah menjaga cengkeraman ban depan dengan kecepatan rata-rata 275 km/jam.
"Anda harus tiba di Tikungan (11) itu dengan kecepatan yang tepat setelah lap demi lap, latihan demi latihan. Anda tak bisa hanya tiba begitu saja, bang! (akan celaka, red)," ujar eks rider Honda, Casey Stoner.
ADVERTISEMENT
4. Marquez: King of The Ring
Marc Marquez adalah Raja di Sachsenring. Sejak melaju pada 2010 di kelas 125cc, Marquez selalu menang di Sachsenring hingga MotoGP 2018.
Selama itu, kemenangan Marquez tak pernah terputus meski rider berjuluk 'Ant of Cervera' berganti-ganti motor dari Derbi, Suter, hingga Honda. Berkat keistimewaannya itu, Marquez pun punya julukan khusus di Sachsenring yakni 'King of The Ring'.
Tahun ini, sang raja berupaya mengejar kemenangan ke-10 di Sachsenring untuk menyempurnakan satu kemenangan di 125cc, dua kemenangan Moto2, dan enam kemenangan di MotoGP.
5. GP Jerman 2019
Nah, tak mau 'kan melewatkan keseruan GP Jerman 2019 dengan segala informasi tersebut?
Rangkaian pra-balapan GP Jerman dibuka dengan sesi latihan bebas satu (FP1) pada Jumat (5/7/2019) pukul 14:55 WIB.
ADVERTISEMENT
Race bakal berlangsung pada Minggu (7/7) pukul 14:00 setempat atau 19:00 WIB. Musim ini, rekan setim anyar Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dipastikan absen karena cedera.
Sebagai ganti Lorenzo, Repsol Honda menurunkan pebalap pengujinya, Stedan Bradl, yang juga berstatus sebagai rider lokal.
"Saya senang bergabung dengan Repsol Honda di Jerman, ini race yang spesial karena menjadi balapan di rumah saya sendiri. Saya prihatin untuk Lorenzo dan semoga dia cepat pulih," kata Bradl.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85