Pencarian populer

IBL 2018/19: Stapac Paksa SM Menyerah, NSH Tundukkan Pacific Caesar

Savon Goodman di laga Stapac Jakarta vs Bogor Siliwangi, IBL 2018/19. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.)

Kemenangan menjadi menjadi hasil yang direngkuh oleh Stapac Jakarta kala bertanding melawan Satria Muda Pertamina di Seri II Jakarta IBL 2018/19 pada Minggu (9/12/2018). Skor 66-63 menjadi epilog dari laga yang dihelat di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, itu. Torehan positif ini menjadi penanda bahwa Stapac sukses meraih tiga kemenangan dari empat pertandingan yang sudah mereka lalui.

Adalah Savon Goodman yang menjadi protagonis Stapac berkat keberhasilannya menyegel 16 poin, 15 rebound, empat assist, dan lima steal. Di lain pihak, Jamarr Andre Johnson mengemas 18 poin dan 16 rebound untuk Satria Muda.

Kendali permainan berusaha disetir oleh Satria Muda di awal-awal laga. Permainan impresif Jammar dan kompatriotnya, Dior Lowhorn, membuat laga terlihat bakal menjadi arena bagi Satria Muda untuk menancapkan dominasinya. Tidak berlebihan karena merekalah yang menutup kuarter pertama dengan keunggulan 17-14.

Namun, comeback dari kubu Stapac datang lebih cepat. Gempuran serangan yang dimotori oleh Rizky Effendi membawa Stapac memimpin balik menjadi 36-31. Kabar baik bagi suporter mereka, laga sengit kuarter ketiga berhasil dituntaskan Stapac keunggulan tipis 48-47. Sengitnya laga dibuktikan dengan dengan pergantian keunggulan yang mencapai empat kali di sepanjang kuarter ketiga.

Tak ada penurunan intensitas laga di kuarter pamungkas. Adu kejelian strategi dan kokohnya tembok pertahanan berhasil membawa Stapac pada keunggulan 63-57. Namun, keunggulan itu bukan akhir dari pertandingan karena laga menyisakan tiga menit lagi.

Saat kedudukan sudah bergeser menjadi 64-60, Lowhorn berhasil merebut rebound dan mengonversinya menjadi tembakan berbuah dua poin dan satu tembakan bebas. Namun, Stapac juga bukannya tanpa keberuntungan dan kesempatan merengkuh angka. Dua tembakan bebas berhasil dituntaskan oleh Abraham Damar Grahita sehingga mengganjar Stapac dengan tambahan dwipoin.Tak ada lagi tembakan berbuah poin setelahnya, Stapac pun menutup laga sarat rivalitas dengan kemenangan 66-63.

Loading Instagram...

Di laga lain, NSH Jakarta sukses mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dengan skor telak 104-63. Catatan ini membuat NSH menjadi tim pertama yang mencetak tiga digit poin dalam satu laga musim ini. Anthony Simpson menunjukkan kualitasnya sebagai tumpuan NSH dengan mencatatkan diri sebagai topskorer berkat raihan 31 poin dan 12 rebound. Torehannya ini diikuti Dashaun Wiggins yang menyegel 25 poin, dan 14 rebound untuk NSH.

Di kubu Pacific, Yerikho Tuasela keluar sebagai pencetak angka terbanyak dengan 14 poin dan 4 assist. Kontribusi ini disusul oleh Qarraaan Qalhoun yang 13 poin dan 16 rebound.

Keberhasilan NSH menjadikan laga ini sebagai tuntas dengan dominasi mereka tidak terlepas dari tekanan yang diberikan sejak awal. Wiggins dan Simpson menggila di kuarter perdana dengan mencetak seluruh poin untuk NSH. Alhasil, kuarter pertama selesai dengan keunggulan 29-17 untuk NSH.

Dominasi NSH semakin menjadi-jadi di kuarter kedua. Kejelian mereka untuk mematikan Van Pelt yang selama ini menjadi hulu serangan tim membuahkan hasil. Sebelas turnover yang dilakukan oleh Pacific dikonversi menjadi 18 angka bagi NSH. Keunggulan yang begitu berjarak, 54-38, di akhir kuarter kedua menjadi modal brilian bagi NSH untuk melakoni dua kuarter terakhir.

Kuarter ketiga kembali memberikan ruang bagi NSH untuk mempertontonkan dominasinya. Tembakan demi tembakan menghujam ring milik Pacific dan mengantarkan NSH pada keunggulan 85-50 yang berlanjut hingga kuarter pamungkas.

Walau di kuarter keempat NSH mulai menurunkan para pemain pengganti, kuasa pertandingan tidak kunjung beralih dari tangan NSH. Akibatnya, kemenangan 104-63 menjadi ganjaran yang paling pantas bagi NSH di akhir laga. Nah, di dua pertandingan lain, Satya Wacana Salatiga memukul Pelita Jaya dengan skor 96-91. Torehan mayor Satya Wacana didahului oleh kemenangan 70-63 Hangtuah atas Bima Perkasa.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38