Pencarian populer

Indonesia Resmi Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Pertunjukan kembang api saat pembukaan Asian Games 2018. Foto: Kumparan/ Helmi Afandi
Berbekal kesuksesan Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.
ADVERTISEMENT
Hal itu secara lisan sudah disampaikan Jokowi saat menjamu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, di Istana Bogor, Jawa Barat, 1 September 2018 silam.
Kini, pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 secara resmi tertuang dalam surat asli Jokowi kepada Bach yang diserahkan di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss, pada Senin, 11 Februari 2019, oleh Dubes RI Muliaman D. Hadad.
Dalam pertemuan Muliaman bersama Executive Director IOC, Christophe Dubi, di Bern, disebutkan bahwa IOC menganggap Indonesia mampu menjadi penyelenggara multiajang terbesar sedunia itu.
"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," ujar Dubi dilansir Antara.
ADVERTISEMENT
Jokowi terima Presiden IOC dan OCA di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018). Foto: Dok. Biro Pers Setpres
Catatan dua penyelenggaraan multiajang se-Asia itu menjadi bekal kuat bagi Indonesia dalam mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032 bersama India dan Korea (Utara dan Selatan).
“Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu patut menjadi bahan pertimbangan,” kata Muliaman.
Adapun untuk Olimpiade 2020 hingga 2028, tuan rumah terpilih berturut-turut adalah Tokyo (Jepang), Paris (Prancis), dan Los Angeles (Amerika Serikat). Dilansir Reuters, IOC akan menentukan tuan rumah Olimpiade 2032 pada tahun 2025.
Selain Indonesia, India, dan Korea, Australia serta Rusia juga disebut tertarik untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Jika terpilih sebagai host Olimpiade, Indonesia jadi negara Asia keempat setelah Jepang, China, dan Korea Selatan yang didaulat sebagai tuan rumah multievent olahraga paling bergengsi itu.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewabroto, sudah memberikan respons terkait ketertarikan Indonesia sebagai tuan rumah lewat pertemuan Jokowi dan Bach, September lalu.
"Kota (penyelenggara) masih belum tahu, yang pasti kendala terbesar adalah infrastruktur. Tapi kalau sudah dipersiapkan dengan baik pasti bisa. Belajar dari Asian Games, awalnya lemah di infrastruktur, setelah Kementerian PUPR turun, semua selesai. Masih lama (Olimpiade 2032), sekarang pemerintah sudah tahu kunci penyelenggaraan. Tidak mesti bangun baru, yang penting standar internasional," ujar Gatot saat itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81