Pencarian populer

Kalah dari Blichfeldt, Fitriani Gagal Samakan Kedudukan

Ekspresi kekecewaan Fitriani. Foto: Antara/ Puspa Perwitasari

Kekalahan Fitriani di pertandingan keempat dalam tie melawan Denmark membuat Indonesia tertinggal 1-3.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Fitriani takluk dua gim langsung dari Mia Blichfeldt dengan skor 13-21 dan 19-21 pada fase Grup 1B Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5/2019), di Guangxi Sports Center, Nanning, China.

Di gim pertama, tak ada perlawanan berarti dari Fitriani. Tunggal peringkat 29 dunia ini tak cukup berbahaya bagi Blichfeldt. Buktinya, skor 4-4 berubah cepat menjadi 4-6 bagi keunggulan rival peringkat 21 dunia itu.

Fitriai belum kehilangan akal. Ia mencoba menyerobot shuttlecock di depan net. Sayang, upaya ini ibarat senjata makan tuan. Wasit menyatakan fault dan skor berubah 4-7 untuk Blichfeldt.

Keunggulan itu membuat Blichfeldt makin leluasa mengobrak-abrik pertahanan Fitriani. Tak pelak, keunggulan Blichfeldt tambah berjarak, bahkan sampai pada kedudukan 10-5. Di interval, Fitriani harus mengakui keunggulan Blichfeldt dengan skor 6-11.

"Kalau tidak enak posisi, tidak usah terlalu minggir," ujar asisten pelatih tunggal putri, Minarti Timur, dalam tayangan.

Usai jeda, Fitriani belum sanggup melepaskan diri dari tekanan lawan. Alih-alih menambah angka, dua kesalahannya justru membuat dua poin melayang ke tangan lawan.

Begitu pula saat Blichfeldt memimpin 19-13. Kegagalan Fitriani menyeberangkan shuttlecock ke bidang permainan lawan mengganjar Blichfeldt dengan game point 20-13. Lantas, kekalahan 13-21 bagi Fitriani menjadi penutup laga gim pertama.

Harapan untuk menutup gim kedua dengan kemenangan meninggi begitu Fitriani mematrikan keunggulan 6-2. Namun, Blichfeldt pun belum tamat. Dengan cerdik ia menempatkan serangan dan menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Cerita gim kedua tak berbeda jauh dari gim pertama sejak kedudukan itu. Fitriani kembali terjebak dalam pola permainan lawan.

Namun, perlawanan Fitriani yang belum kandas menjadi fragmen heroik yang muncul setelahnya. Tertinggal 14-19, ia sanggup menyamakan kedudukan menjadi 19-19.

Sayangnya, Blichfeldt lebih ganas mengamankan setiap jengkal areanya dan menekan Fitriani dengan efektif. Dua kesalahan individu pada akhirnya membuat Fitriani menutup gim kedua dengan kekalahan 19-21.

Kemenangan Blichfeldt pun memastikan Denmark merebut tiket dari Inggris (negara lain di Grup 1B) ke perempat final Piala Sudirman 2019. Sementara, Indonesia masih bisa menjadi juara grup jika partai kelima dimenangi oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36