kumparan
7 Mar 2019 20:08 WIB

Kalahkan Ganda Malaysia, Tontowi/Winny ke Perempat Final All England

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow menantang Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) di babak kedua All England 2019. Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan
Pasangan baru ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, terus menunjukkan tajinya. Usai mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, yang merupakan unggulan kelima turnamen, Tontowi/Winny lolos ke perempat final.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Arena Birmingham, Kamis (7/3/2019) malam WIB, Tontowi/Winny mesti melewati pertarungan tiga gim untuk memastikan kemenangan dengan skor 15-21, 21-16, dan 23-21. Di babak perempat final nanti, Tontowi/Winny tinggal menunggu pemenang duel Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) vs Lu Kai/Chen Lu (China).
***
Permainan agresif dari Tontowi/Winny sejak awal pertandingan bikin pasangan Malaysia ini kerepotan mengembalikan shuttlecock sehingga kerap melakukan kesalahan sendiri. Meski sempat dikejar hingga 9-10 dan 10-10, Tontowi/Winny bisa unggul kembali 11-10 saat interval.
Formasi Winny di depan dan Tontowi di belakang juga berjalan apik. Winny dengan sigap mengembalikan pukulan yang memaksa pasangan Malaysia mengangkat shuttlecock, kemudian Tontowi langsung menyambarnya dengan smes. Indonesia sanggup menjauhkan keungggulan menjadi 16-11.
ADVERTISEMENT
Kesalahan sendiri seperti smes menyangkut di net dan pengembalian keluar dari Tontowi/Winny sempat membuat Soon/Ying mengejar menjadi 13-18. Namun, Tontowi/Winny bisa kembali ke ritme permainan dengan memperkokoh pertahanan. Pengembalian keluar dari Ying akhirnya bikin Indonesia menang di gim pertama dengan skor 21-15.
Skema serupa diperagakan Tontowi/Winny di awal gim kedua. Mereka menempatkan shuttlecock di tempat yang sulit terjangkau Soon/Ying sehingga mereka kerap eror. Meski terjadi reli-reli panjang, Tontowi/Winny unggul 2-1 lalu 3-1.
Namun, Tontowi/Winny mulai mengendur seiring semakin tajamnya serangan Soon/Ying. Pasangan Malaysia itu sempat berbalik unggul 6-5, sebelum disusul kembalil menjadi 6-7, lalu unggul kembali 8-7. Pertarungan sengit ini akhirnya diakhiri sementara waktu oleh Soon/Ying dengan keunggulan 11-9 saat interval gim kedua.
ADVERTISEMENT
Pertahanan Tontowi/Winny terus ditembus dengan smes karena pengembalian mereka kerap tanggung, keunggulan Soon/Ying pun menjauh jadi 16-12. Lantas, pengembalian yang keluar dari Winny, bikin Soon/Ying memenangi gim kedua dengan skor 21-16.
Tontowi/Winny usai memenangi babak pertama All England 2019. Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan
Eror menjadi hal yang kerap terlihat dari Tontowi/Winny di awal gim ketiga, kondisi itu membuat Soon/Ying unggul 5-2. Tapi, perlahan tapi pasti, Tontowi/Winny mengejar ketertinggalan mulai dari 5-6, kemudian menyamakan skor 6-6, dan berbalik unggul 7-6.
Lagi-lagi eror mengganggu momentum kebangkitan ini, Winny dua kali eror sehingga Indonesia tertinggal lagi 7-8. Beruntung, Soon/Ying juga mulai sering melakukan kesalahan sendiri. Oleh karena itu, Tontowi/Winny bisa unggul 11-9 saat interval gim ketiga.
Selepas interval, kedua pasangan saling bergantian melakukan kesalahan. Oleh karena itu, keunggulan Tontowi/Winny tak pernah lebih dari satu poin. Baru saja unggul 15-14, langsung disamakan 15-15. Momen Tontowi/Winny menyegel kemenangan ada saat terjadinya deuce 21-21, satu pegembalian gagal lawan plus smes Tontowi, memastikan kemenangan Indonesia dengan skor 23-21.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·