Pencarian populer
10 November 2018 18:55 WIB
0
0
Kandaskan Ganda China, Marcus/Kevin Lolos ke Final
Salah satu aksi Marcus/Kevin di lapangan. (Foto: Kazuhiro Nogi/AFP)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih tiket final Fuzhou China Terbuka 2018. Di babak semifinal, Sabtu (10/11/2018) sore WIB, mereka menang tiga gim atas pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan.
Kendati begitu, Marcus/Kevin tidak mendapatkan kemenangan ini dengan mudah. Lewat perjuangan keras, ganda putra Indonesia itu menang tiga gim: 17-21, 21-18, dan 21-14.
***
Jika melihat catatan head-to-head, Marcus/Kevin memang unggul atas Liu/Zhang. Sebelum bertemu di Fuzhou, ‘Minions’ unggul 4-1 atas sang lawan. Sudah begitu, secara peringkat, Marcus/Kevin pun unggul —mereka berada di posisi pertama rangking dunia, sementara Liu/Zhang keenam.
Namun, sudah sering Liu/Zhang bikin repot ganda putra terbaik Indonesia itu. Setidaknya begitulah yang terlihat dalam dua pertemuan terakhir. Di Dubai World Super Series Premier, 17 Desember 2017, Marcus/Kevin memang menang dua gim langsung, tetapi mereka mendapatkannya dengan skor relatif ketat: 21-16 dan 21-15.
Pada pertemuan teranyar sebelum berjumpa di Fuzhou, yakni di Piala Thomas, Mei 2018, Marcus/Kevin membutuhkan tiga gim untuk menundukkan Liu/Zhang. Sempat tertinggal 12-21 di gim pertama, Marcus/Kevin membalas lewat keunggulan 21-17 dan 21-15 di dua gim berikutnya.
Satu-satunya kemenangan Liu/Zhang sebelum di Fuzhou, saat kedua pasangan bertemu di Denmark Terbuka 2017, juga didapatkan lewat skor ketat dan tiga gim: 21-16, 22-24, dan 21-19.
***

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat melakoni babak pertama China Terbuka 2018. (Foto: Dok. PBSI)

Sedari awal, permainan dan reaksi cepat dari Liu/Zhang sudah membuat Marcus/Kevin bekerja keras. Agresivitas itulah yang membuat Liu/Zhang unggul 17-15 selepas interval, dan dari sini Marcus/Kevin betul-betul kesulitan mendapatkan poin.
Poin ke-17 Liu/Zhang di gim pertama ini didapatkan setelah pukulan Liu jatuh ke tengah, sementara Marcus/Kevin lambat bereaksi dan terdiam —seolah-olah bingung siapa yang harus mengambil pukulan tersebut.
Skor kemudian berubah menjadi 16-19. Liu/Zhang menambah poin setelah pukulan ke sisi kiri pertahanan Minions gagal disambut oleh Marcus, yang terpaksa menjatuhkan diri untuk menggapainya.
Game point pun didapatkan oleh Liu/Zhang setelah pukulan Zhang masuk. Lalu, mereka merebut gim pertama setelah pukulan Kevin, yang tengah menjaga area belakang, mengenai net.
Bagusnya untuk Marcus/Kevin, mereka bereaksi dengan baik di gim kedua dan memperbaiki kesalahan-kesalahan di gim sebelumnya. Liu/Zhang memang masih tampil agresif dan sempat membuat Marcus/Kevin tertinggal 4-6 lewat reaksi cepat Liu, yang menyambar pukulan di depan net dan mengarahkannya ke tengah. Namun, Marcus/Kevin juga meningkatkan tempo.
Marcus/Kevin sempat unggul 11-9, lalu kemudian 12-9. Poin ke-12 mereka dapatkan setelah memaksa Liu/Zhang melakukan kesalahan —kali ini lewat pukulan Liu yang mengenai net. Liu/Zhang membalas dengan smes keras dan mendapatkan poin ke-10, tetapi lagi-lagi kesalahan dari pasangan China itu membuat Marcus/Kevin menambah poin menjadi 13-11.
Liu/Zhang berulang kali menyerang Marcus/Kevin lewat smes, terutama lewat jump smash Liu yang beroperasi di area belakang. Meski begitu, beberapa kali strategi ini jadi senjata makan tuan —entah shuttlecock out atau membentur net. Marcus/Kevin mendapatkan poin ke-16 setelah pukulan Liu mengenai net.
Kesalahan-kesalahan Liu/Zhang jugalah yang membuat Marcus/Kevin merebut gim kedua. ‘Minions’ mendapatkan game point setelah pukulan pasangan China itu mengenai net. Lalu, mereka menutup gim kedua dengan skor 21-18 juga karena pukulan sang lawan —kali ini pukulan Liu— lagi-lagi membentur net.

Zhang Nan pada sebuah laga. (Foto: Romeo Gacad/AFP)

Pada gim ketiga alias penentuan, Marcus/Kevin langsung tancap gas sejak awal. Dua kali smes keras mereka membuat Liu/Zhang keteteran. Alhasil, keunggulan 4-0 pun langsung mereka dapatkan.
Kendati begitu, Liu/Zhang mengejar. Satu poin, plus dua kesalahan dari Marcus/Kevin, yang salah mengantisipasi pukulan lawan dan melepaskan pukulan yang berujung out, membuat Liu/Zhang mempertipis skor menjadi 3-4.
Marcus/Kevin unggul 11-7 saat interval. Kendati sempat menyamakan kedudukan menjadi 7-7, Liu/Zhang kembali membuat beberapa eror sehingga memuluskan langkah ‘Minions’. Selepas interval, Marcus/Kevin mendapatkan poin ke-14 setelah (ehem, lagi-lagi), pukulan lawan mengenai net.
Marcus/Kevin unggul 19-13 setelah pukulan Liu kembali membentur jaring dan menambah poin menjadi 20-13 (match point!) setelah sambaran Kevin dari depan net masuk ke area tengah lawan. Liu/Zhang memang sempat menambah satu poin lagi, tetapi Marcus/Kevin akhirnya menutup pertandingan ini dengan skor 21-14 tidak lama kemudian.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: