kumparan
15 Nov 2018 22:41 WIB

Kandaskan Wakil Malaysia, Ahsan/Hendra ke Perempat Final

Pebulu tangkis Indonesia Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan pada Turnamen Bulu Tangkis Blibli Indonesian Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (4/7). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Ganda putra kawakan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, menjadi wakil Indonesia kedelapan yang lolos ke babak perempat final Hong Kong Terbuka 2018. Kepastian ini didapatkan usai menaklukkan ganda asal Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Kamis (15/11/2018) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Hong Kong Coliseum, Ahsan/Hendra mengalahkan Hog/Tan dalam permainan tiga gim dengan skor 21-16, 12-21, dan 21-12. Ahsan/Hendra menyusul Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sebagai ganda Indonesia yang sudah lebih dulu lolos.
Ahsan/Hendra sedikit diuntungkan dengan masalah kebugaran karena Goh/Tan harus bermain tiga gim di babak pertama melawan unggulan ketiga turnamen asal China, Liu Cheng/Zhang Nan. Sementara, Ahsan/Hendra tidak terlalu kesulitan mengalahkan ganda Korea Selatan di laga sebelumnya.
Ahsan/Hendra langsung menguasai jalannya pertandingan di awal gim pertama dengan unggul 6-2. Namun, Goh/Tan nyatanya bisa memberi perlawanan untuk menyamakan skor menjadi 10-10, meski akhirnya tertinggal 10-11 di interval pertama.
Memasuki interval kedua, Ahsan/Hendra semakin nyaman dalam mematikan langkah Goh/Tan. Dengan kombinasi smes dan permainan depan net yang ciamik, Ahsan/Hendra meninggalkan Goh/Tan dengan skor 17-12, sebelum akhirnya menutup gim pertama dengan kemenangan 21-16.
ADVERTISEMENT
Kemenangan di gim pertama tak menjamin jalannya laga di gim kedua menjadi lebih mudah buat Ahsan/Hendra. Goh/Tan tancap gas dengan bermain lebih agresif untuk mengincar kelemahan Ahsan/Hendra yang mulai kewalahan dalam mengejar shuttlecock di depan net. Indonesia tertinggal 6-11 di interval pertama.
Jarak poin yang cukup jauh membikin Ahsan/Hendra harus kerja keras di interval kedua dan sempat menjadikan skor 10-14. Namun, Goh/Tan merespons kebangkitan ini dengan bermain lebih tenang untuk menutup gim kedua lewat kemenangan telak 21-12.
Aksi Ahsan/Hendra di sebuah laga. (Foto: Lillian Suwanrumpha/AFP)
Gim ketiga sebagai penentuan dilakoni Ahsan/Hendra dengan lebih tenang. Ahsan/Hendra melucuti pertahanan ganda Malaysia ini dengan kombinasi pukulan lob, smes, dan netting ciamik.
Meski sempat ketat di interval pertama dan hanya unggul 11-8, Ahsan/Hendra menginjak pedal gas mereka di interval kedua. Upaya ini berhasil ketika skor menjadi 14-11. Mulai dari sini Ahsan/Hendra terus meninggalkan Goh/Tan. Mereka pun mendapat match point saat skor ada di angka 20-12.
ADVERTISEMENT
Lantas, pengembalian keluar dari Goh membuat Ahsan/Hendra memastikan diri lolos ke babak selanjutnya usai menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-12. Di babak perempat final nanti, Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·