Pencarian populer

Kangen Naik Podium, Rossi Janji Tampil Maksimal di MotoGP Prancis

Valentino Rossi merayakan finis kedua di GP Amerika Serikat. Foto: Dok. Yamaha MotoGP

Datang ke Grand Prix (GP) Prancis dengan modal negatif tak membuat Valentino Rossi pesimistis menatap seri kelima MotoGP 2019 itu. Hasrat The Doctor untuk kembali naik podium adalah salah dua dari motivasinya membalap di Sirkuit Le Mans nanti.

Rossi cuma menempati posisi keenam pada balapan teranyar di Jerez, Spanyol, setelah sebelumnya menyegel podium di dua balapan beruntun. Atas hasil tak impresif, posisi pebalap berusia 41 tahun itu tertahan di peringkat empat klasemen dengan 61 poin.

Modal Rossi dan Yamaha menghadapi GP Prancis semakin tak menjanjikan lantaran hasil tes di Sirkuit de Barcelona-Catalunya pekan lalu terbilang biasa saja. Pemilik nomor balap 46 itu cuma menempati posisi 17 di akhir sesi tes dengan waktu 1 menit 38,056 detik atau terpaut dua detik dari Fabio Quartararo sebagai yang tercepat.

Namun, Rossi menyikapi hasil tes dengan tenang. Menurutnya motor M1 justru mengalami progres signifikan di beberapa area yang bikin dia optimistis menatap duel di Le Mans.

“Tes di Jerez cukup positif dan saya pikir kami bisa mencoba sesuatu yang baru selama balapan di Prancis. Tujuan tentu saja konsisten bagus selama akhir pekan nanti, mulai dari latihan bebas pertama harus jadi yang tercepat,” kata Rossi seperti dilansir Crash.

“Kami punya kecepatan yang bagus di sini tahun lalu, jadi kami ingin melanjutkan hal itu. Saya berharap cuacanya juga bagus, jadi kami bisa menunjukkan potensi terbaik. Saya ingin kembali naik podium dan akan melakukan yang terbaik buat tim,” tuturnya menambahkan.

Menilik hasil balapan 2018 di Prancis, penampilan Rossi terbilang memuaskan. Start dari urutan kesembilan, Rossi sanggup menyegel podium ketiga di belakang Danilo Petrucci dan Marc Marquez. Tercatat itu, menjadi podium ke-13 Rossi selama mengaspal di Le Mans dengan tiga di antaranya menjadi yang pertama.

“Le Mans adalah sirkuit yang sangat saya sukai dan motor Yamaha biasanya bisa kompetitif di sana,” ucap Rossi menyoal kansnya nanti.

Rossi, Vinales, dan Crutchlow. Foto: AP Photo/Nicolas Aguilera

Optimisme Rossi didukung oleh Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Yamaha. Bahkan, tak cuma Rossi yang dijamin bakal memiliki balapan bagus di Le Mans, tetapi juga Maverick Vinales yang sejauh ini baru sekali merasakan naik podium.

“Kami melakukan sedikit perombakan selama tes di Jerez dan kami akan melakukannya lagi di Prancis untuk melihat apakah ada kemajuan. Kami paham Le Mans biasanya membuahkan hasil bagus, jadi kami ingin maksimal selama akhir pekan nanti dan mendapatkan hasil sebaik mungkin,” tutur Meregalli.

“Kami sadar baik Maverick dan Rossi sangat cepat di sana, jadi kami berjanji akan kompetitif di setiap sesi pada rangkaian balapan nanti dan dua pebalap kami akan bertarung di barisan terdepan,” tegasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23