kumparan
25 Agu 2019 1:12 WIB

Kejuaraan Dunia: Ahsan/Hendra Lolos ke Final Usai Kalahkan Fajar/Rian

Ahsan/Hendra beraksi di semifinal Kejuaraan Dunia menghadapi Fajar/Rian. Foto: Reuters/Vincent Kassler
Ganda putra nomor dua Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan, berhasil menggamit tiket final Kejuaraan Dunia 2019 usai menundukkan kompatriotnya, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto, dalam babak semifinal yang digelar di St. Jakobshalle, Basel, Sabtu (24/8/2019) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Ahsan/Hendra butuh tiga gim untuk menamatkan perlawanan juniornya tersebut. Di akhir cerita, mereka menang dengan skor 21-16, 15-21, dan 21-10. Pada babak final nanti Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan pemenang laga Takuro Hoki/Yugo Kobayashi vs Li Jun Hui/ Liu Yu Chen.
***
Pertandingan sesama wakil Indonesia ini berlangsung begitu alot sejak awal. Dengan cetakan yang sama mereka tampak sudah familiar dengan cara bermain lawannya dan ini membuat kesalahan sekecil apa pun jadi amat rentan dieksploitasi.
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak
Hasilnya, kedua pasangan terus berkejaran angka dengan ketat. Di awal gim pertama Fajar/Rian sebenarnya mampu mengungguli Ahsan/Hendra. Mereka mengawali gim dengan agresif dan memaksa Ahsan/Hendra untuk memanfaatkan serangan balik.
Hasilnya tampak pada interval, di mana Fajar/Rian mampu meraih keunggulan 11-10. Akan tetapi, setelah itu pengalaman Ahsan/Hendra berbicara. Seusai interval pertandingan berlangsung dengan tempo tinggi. Akan tetapi, mereka berdua tetap bermain dengan kepala dingin.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Fajar/Rian seperti kebingungan. Mereka tidak siap menghadapi Ahsan/Hendra yang mendadak tampil ofensif lewat rentetan smes yang begitu sulit dikembalikan. Akhirnya, poin demi poin dengan cepat jadi milik Ahsan/Hendra.
Dari tertinggal 10-11, Ahsan/Hendra mampu melakukan akselerasi hingga akhirnya berbalik unggul 15-11. Setelah itu momentum jadi milik mereka. Tanpa butuh waktu lama pasangan berjuluk The Daddies itu sanggup mengunci kemenangan di angka 21-16.
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia 2019. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/pras.
Pada gim kedua penampilan Fajar/Rian membaik. Dengan permainan kaya variasi, mereka mampu membuat Ahsan/Hendra kewalahan. Fajar/Rian pun sanggup unggul dengan selisih lebih besar pada masa interval. Jika sebelumnya mereka unggul 11-10, kali ini skornya 11-6.
Namun, bukan Ahsan/Hendra namanya kalau menyerah begitu saja. Lagi-lagi, setelah interval, mereka bangkit dengan cepat. Ini dibantu dengan bagaimana Fajar/Rian tampak terburu-buru dalam menyelesaikan peluang. Dari tertinggal 6-11, Ahsan/Hendra mampu berbalik unggul 13-12.
ADVERTISEMENT
Fajar/Rian akhirnya sadar bahwa mereka tak bisa terus-terusan berbuat ceroboh. Akhirnya, mereka pun sukses mengembalikan ketenangan dalam bermain dan kembali membangun keunggulan. Dalam tempo singkat, mereka sukses meraih keunggulan 20-15 dan, menyusul kesalahan dari Ahsan, Fajar/Rian berhasil merebut gim kedua dengan kemenangan 21-15.
Pada gim ketiga, Fajar/Rian akhirnya benar-benar tak berdaya. Perlawanan yang mereka perlihatkan di gim kedua mendadak lenyap. Ahsan/Hendra pun dapat mengakhiri pertandingan dalam tempo kurang dari 15 menit. Dengan permainan agresif, The Daddies mengunci kemenangan di angka 20-10 sekaligus memastikan tiket final.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·