kumparan
14 Jun 2019 17:51 WIB

Klay Thompson Alami Cedera ACL di Gim Keenam Final NBA

Bintang Golden State Warriors, Klay Thompson, mengalami cedera lutut. Foto: Sergio Estrada-USA TODAY Sports
Gim keenam final NBA, Jumat (14/6/2019) pagi WIB, menjadi petaka bagi Golden State Warriors. Warriors tak hanya kehilangan titel juara NBA di partai tersebut, tetapi juga salah satu pemain terbaiknya: Klay Thompson.
ADVERTISEMENT
Di gim keenam tersebut, Warriors takluk dari sang jawara NBA 2018-2019, Toronto Raptors, dengan skor 110-114. Kekalahan tersebut tentu terasa menyakitkan bagi Warriors, yang berambisi untuk menjadi tim keempat yang mampu menjadi juara NBA selama tiga tahun berturut-turut.
Sialnya, kepedihan Warriors tak berhenti sampai di situ. Saat gim keenam memasuki akhir kuarter ketiga, tepatnya di menit 2:22, Thompson mengalami cedera.
Pemain yang berposisi sebagai shooting guard tersebut terjatuh dengan tidak sempurna setelah dilanggar oleh pemain Raptors, Danny Green. Kaki kiri Thompson yang menjadi pijakan terlihat mendapat tekanan yang begitu keras dan lututnya menerima akibatnya.
Thompson lalu terkapar sembari memegangi lututnya. Publik Oracle Arena—kandang Warriors yang menjadi tempat gim keenam—langsung terdiam saat sang pemain dipapah keluar. Wajar, mengingat Thompson sukses mencetak 28 poin sebelum cedera dan Warriors tengah unggul.
ADVERTISEMENT
Optimisme suporter Warriors sempat membuncah lagi setelah Thompson kembali ke lapangan. Pria berusia 29 tahun itu berhasil memasukkan dua lemparan bebas. Namun, terlihat jelas kalau ia tidak nyaman. Alhasil, time-out dilakukan dan Thompson ditarik keluar.
Di ruang ganti, Thompson dikabarkan melakukan sprint dan melompat-lompat untuk memastikan kondisinya. Terlihat jelas kalau ia ingin bermain. Namun, tim medis Warriors akhirnya mendeklarasikan bahwa Thompson tak dapat kembali untuk menjalani sisa gim keenam.
Keputusan tersebut tepat, meskipun Warriors pada akhirnya mesti kalah. Pasalnya, cedera yang dialami Thompson tak main-main. Setelah menjalani MRI, Thompson didiagnosis mengalami cedera di otot Anterior Cruciate Ligament (ACL).
Ya, benar, cedera ACL yang horor itu. Cedera yang menjadi momok bagi semua atlet.
ADVERTISEMENT
Akibat cedera tersebut, besar kemungkinan Thompson akan melewatkan musim 2019/2020 mendatang. Pasalnya, cedera ACL baru akan sembuh setelah melewati masa rehabilitasi selama enam bulan.
Setelah itu, atlet yang mengalami cedera tersebut masih harus menjalani pengondisian dan pemulihan kebugaran, yang memakan waktu sampai sekiranya tiga bulan.
Dampak cedera ini pun begitu buruk bagi Thompson. Pasalnya, kontraknya bersama Warriors habis di akhir musim 2018/2019 ini. Dari situ, ketertarikan tim-tim, termasuk Warriors, untuk menggunakan jasa Thompson boleh jadi akan menyurut.
Dampak yang diterima Warriors juga tak kalah buruk. Thompson menjadi bintang kedua mereka yang mengalami cedera parah di babak final melawan Raptors ini.
Bintang Warriors, Kevin Durant, mengalami cedera di gim kelima final NBA. Foto: Kyle Terada-USA TODAY Sports
Sebelum Thompson, ada Kevin Durant yang otot Achilles-nya putus di gim kelima melawan Raptors. Akibat cedera tersebut, Durant dipastikan akan melewatkan musim 2019/2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
Kontrak Durant memang usai di akhir musim 2018/2019 ini. Untungnya, sang pemain memiliki opsi (player option) untuk melanjutkan kerja samanya dengan Warriors di musim berikutnya. Akibat cederanya, besar kemungkinan Durant mengambil opsi ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·