Pencarian populer

Korut dan Korsel Akan Bergabung di Laga Perahu Naga Asian Games

Lomba perahu naga di Cilacap. (Foto: ANTARA/Idhad Zakaria)
Korea Utara dan Korea Selatan telah menyatakan akan bergabung dalam satu tim pada Asian Games Agustus mendatang di Indonesia. Salah satu cabang olahraga yang akan mempersatukan kedua negara diperkirakan adalah perahu naga.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari AFP, federasi kano Korsel pada Selasa (19/6) mengatakan telah secara resmi meminta tim perahu naga Korut untuk membentuk tim bersama. Menurut presiden federasi tersebut, Kim Yong-bin, mereka dalam tahap akhir persiapan pembentukan tim.
"Kami berharap mendapatkan jawaban dari Korut pada awal bulan depan," kata Yong-bin.
Dia melanjutkan, jika disetujui maka delegasi federasi kano Korsel akan ke Pyongyang pada Juli dan latihan akan dilakukan di Seoul pertengahan bulan itu.
Sebelumnya pada Senin (18/6), pejabat kedua negara telah menyatakan akan membentuk tim bersama pada Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang dari 18 Agustus hingga 2 September mendatang.
Maskot Asian Games (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in pada April lalu. Kedua negara masih dalam status berperang setelah Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953.
ADVERTISEMENT
Atlet kedua negara sebelumnya juga bergabung dalam cabang olahraga hoki es pada Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang Februari lalu. Muncul kekhawatiran, keberadaan atlet Korut akan membuat para atlet Korsel tersingkir.
Namun menurut Yong-bin kedua negara telah memiliki tim dayung sendiri, sehingga tidak membuat para atlet tersingkir. Semakin banyak tim, maka peluang mendapatkan emas semakin besar.
"Korea Utara punya atlet-atlet dayung wanita yang kuat. Jika mereka berkompetisi pada lomba perahu naga, kita berpeluang dapat emas," kata Yong-bin.
Setelah Asian Games, tim gabungan perahu naga Korut-Korsel dijadwalkan berlaga di Kejuaraan Dunia Perahu Naga di Amerika Serikat pada September, kata Yong-bin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80