• 1

Kualifikasi MotoGP Belanda: Marquez Raih Pole, Rossi Start Ketiga

Kualifikasi MotoGP Belanda: Marquez Raih Pole, Rossi Start Ketiga


Marc Marquez

Marquez di kualifikasi GP Argentina. (Foto: REUTERS/Marcos Brindicci)
Laju Marc Marquez di Sirkuit Assen benar-benar tak terhentikan. Setelah menjadi yang tercepat pada latihan bebas pertama dan ketiga, pebalap asal Spanyol itu menutup rangkaian pra-balapan dengan keberhasilan menyegel pole position. Pada sesi kualifikasi yang digelar pada Sabtu (30/6/2018) malam WIB, Marquez sukses mencatatkan waktu 1:32,791 untuk menjadi yang terdepan.
Seiring berjalannya hari, langit Assen kian cerah. Dengan tiadanya kendala berarti dari segi cuaca, Marquez menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan. Kendati begitu, jagoan Repsol Honda ini sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Cal Crutchlow pada akhir-akhir sesi.
Dua putaran jelang kualifikasi berakhir, Crutchlow sempat mencatatkan waktu tercepat 1:32,832. Namun, Marquez menjawab tantangan itu dengan menggeber motornya lebih cepat lagi di sisa putaran yang ada. Alhasil, catatan waktu tercepat pun berhasil direngkuhnya.
Di belakang Marquez dan Crutchlow, ada Valentino Rossi. Pebalap veteran Yamaha Movistar ini pada latihan bebas ketiga hanya menempati urutan keempat. Kali ini, dengan raihan waktu 1;32,850, The Doctor memastikan diri start dari posisi ketiga.
Maverick Vinales, rekan setim Rossi yang sebelumnya jadi pebalap tercepat kedua di latihan bebas ketiga, kali ini penampilannya tidak cukup baik. Setelah hanya berhasil mencatatkan waktu 1:32,984, Vinales harus puas start dari urutan keenam.


Di depan Vinales ada Andrea Dovizioso dan Alex Rins. Dovizioso mencatatkan waktu 1:32,870, sementara Rins 1:32,933. Ini merupakan perbaikan signifikan dari Dovi dan Rins. Pada latihan bebas ketiga, Dovi hanya mampu mengakhiri sesi di urutan kesepuluh, sedangkan Rins ada di luar sepuluh besar.
Perbaikan posisi secara signifikan juga dilakukan Johann Zarco. Pebalap asal Prancis itu sempat menghilang dari sepuluh besar pada latihan bebas ketiga, tetapi kali ini dirinya sukses keluar jadi yang tercepat kedelapan dengan torehan waktu 1:33,072. Di depan Zarco ada Aleix Espargaro. Di belakangnya ada Andrea Iannone. Espargaro membukukan waktu 1:33,029, Iannone 1:33,120. Terakhir, menutup sepuluh besar ada Jorge Lorenzo yang membukukan waktu 1:33,167.
Adapun, balapan MotoGP seri Belanda ini akan dilangsungkan pada Minggu (1/7) pukul 19:00 WIB.


SportsMotoGPMarc MarquezValentino RossiCal Crutchlow

presentation
500

Baca Lainnya