kumparan
23 Apr 2019 8:39 WIB

Lewati Rekor Suryo Agung, Zohri Jadi Manusia Tercepat di Asia Tenggara

Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Foto: Lehtikuva/Kalle Parkkinen via REUTERS
Lalu Muhammad Zohri tak berhenti membuat sensasi. Setelah berhasil meraih medali emas di nomor 100 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia tahun lalu, ia kembali menorehkan tinta emas.
ADVERTISEMENT
Kali ini, Zohri berhasil mematahkan rekor lari 100 meter yang sebelumnya dipegang Suryo Agung. Dengan kata lain, Zohri kini berhasil menggantikan status Suryo sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara.
Zohri mengukirnya pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang dihelat di Doha, Qatar, Senin (22/4/2019). Pelari kelahiran 1 Juli 2000 tersebut mencatatkan waktu 10,13 detik, melewati torehan Suryo yang mengukir 10,17 detik pada SEA Games Laos 2009.
Lalu Zohri beraksi di nomor 100 meter putra. Foto: ANTARA/INASGOC/Andika Wahyu
Eni Nuraeni selaku pelatih lari jarak pendek PB PASI, mengakui bila anak asuhnya itu sejak awal memang sudah berniat untuk memecahkan rekor Suryo.
"Alhamdulillah bisa memecahkan rekor nasional. Memang sejak awal sudah menjadi harapan Zohri untuk memecahkan rekor Suryo Agung," kata Eni dalam siaran pers yang diterima kumparanSPORT.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma berhasil mematahkan rekor yang sudah bertahan sedekade, Zohri juga berhasil memperbaiki catatan waktunya di Kejuaraan Dunia Atletik di Finlandia tahun lalu saat menorehkan waktu 10,18 detik.
Fadlin serahkan tongkat estafet ke Zohri. Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Andika Wahyu
Kendati sukses mematahkan rekor yang sudah bertahan 10 tahun lamanya, Zohri cuma nangkring sebagai runner-up pada ajang tersebut. Masih kalah cepat dari pelari asal Jepang, Yoshihide Kiryu, yang mencatat waktu 10,12 detik. Sementara posisi ketiga ditempati pelari Bahrain, Andrew Fisher, dengan waktu 10,16 detik.
***
Catatan Editor: Sebelumnya tertulis: Pelari kelahiran 1 Juli 2000 tersebut (Zohri) mencatatkan waktu 10,15 detik. Yang betul: Pelari kelahiran 1 Juli 2000 tersebut (Zohri) mencatatkan waktu 10,13 detik. Demikian kesalahan tersebut telah diperbaiki.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan