kumparan
29 Jul 2019 18:09 WIB

Liliyana Akui Lebih Sulit Cari Pebulu Tangkis Putri ketimbang Putra

Lilyana Natsir, legenda PB Djarum pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis di GOR KONI, Bandung. Foto: Dok. PB Djarum
Pemandangan menarik hadir pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 di GOR KONI, Bandung. Jumlah peserta putri jauh lebih sedikit daripada putra.
ADVERTISEMENT
Sebelum melangkah lebih jauh, Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis adalah acara tahunan yang diadakan PB Djarum untuk menjaring talenta muda di seluruh Indonesia. Untuk edisi 2019, PB Djarum membagi fokus terhadap dua kelompok usia, U-13 dan U-11, putra dan putri.
Nah, berdasarkan data yang didapatkan kumparanSPORT, dari 706 peserta yang melakukan daftar ulang dan melangsungkan audisi di Bandung, hanya 164 saja yang putri. Dengan kata lain, persentase peserta putri di audisi ini hanya 24% saja.
Ketimpangan ini disadari oleh Liliyana Nasir, legenda bulu tangkis Tanah Air sekaligus anggota tim pemandu bakat PB Djarum. Dia mengakui bahwa menemukan atlet bulu tangkis putri memang lebih sulit ketimbang putra.
ADVERTISEMENT
Suasana hari pertama Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 di GOR KONI, Bandung. Foto: Dok. PB Djarum
"Dari jumlah pendaftar saja lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Saya suka berpikir, sih, kenapa mencari yang perempuan lebih susah," ucap Liliyana.
"Apakah karena memang perempuan yang minat main bulu tangkis itu memang enggak banyak? Atau, karena perempuan biasanya manja-manja? Atau, memang orang tua tidak kasih izin karena mereka perempuan? Hal-hal itu bisa saja jadi kendalanya," tuturnya.
Kendati begitu, jangan kira kualitas peserta putri di audisi ini berbanding lurus dengan kuantitasnya. Dari 164 peserta putri yang melakukan daftar ulang, 58 di antaranya berhasil lolos dari tahap screening. Rinciannya, 31 peserta dari kelompok usia U-13 dan sisanya dari U-11.
Liliyana Natsir di Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019, Bandung, Senin (29/7). Foto: Ganesha Arif/kumparan
Rasio peserta putri yang lolos tahap pertama ini jauh lebih baik ketimbang putra. Hanya 224 anak yang lolos ke tahap berikutnya untuk kategori laki-laki. Dari situ,Liliyana menyatakan bahwa antusiasme peserta putri Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 tak kalah dari yang putra.
ADVERTISEMENT
"Mereka memang kalah jumlah. Namun, antusiasme mereka, sih, enggak kalah," tutup Liliyana
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan