Pencarian populer

Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal

Kevin/Marcus Juara Japan Open 2018 (Foto: Antara/Humas dan Media PP PBSI)

Setelah empat wakil gugur, akhirnya satu tiket ke semifinal dipersembahkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di pengujung jadwal perempat final Fuzhou China Terbuka 2018.

Kemenangan atas wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, 22-20 dan 21-17, selama 40 menit memastikan satu tempat bagi 'Minions' —sebutan Marcus/Kevin— di empat besar.

Pertandingan dibuka Kamis (9/11/2018) petang WIB dengan umpire dan service judge yang keduanya berasal dari China. Soal head-to-head dan rangking, Marcus/Kevin lebih unggul, termasuk usai mencatat kemenangan teranyar lawan Astrup/Rasmussen di India Terbuka 2018 April lalu.

Kali ini di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Marcus/Kevin mendapat perlawanan cukup sengit di gim pertama. Juara Denmark Terbuka 2018 ini sendiri langsung ditahan sengit di menit pertama.

Hilang poin pembuka, kemudian pukulan Kevin yang keluar membuat skor tertinggal 0-2. Gantian Astrup yang keluar dan mengubah skor menjadi 1-2. Marcus/Kevin lalu menyamakan skor 2-2, meski kembali disamakan 3-3 dan dibalik menjadi 3-4.

Marcus melakukan smes keras, membuat Astrup gagal menyebrangkan shuttlecock dan skor kini imbang 4-4. Saat skor 5-5, dua pukulan out Marcus/Kevin membuat kedudukan berubah 5-7.

Skor bertambah 6-7 ketika challenge 'Minions' sukses dan kedudukan bisa disamakan 7-7 lewat smes Kevin. Kemudian, interval 11-9 bisa diamankan Marcus/Kevin kala pukulan Astrup keluar di menit ke-8 pertandingan.

Usai jeda, rival peringkat delapan dunia itu bisa menerapkan pola menyerang. Meski Marcus/Kevin unggul 13-11, skor cepat ditahan 13-13. Astrup/Rasmussen lalu mengubah keunggulan menjadi 16-14 ketika Kevin berada dekat dengan net dan gagal mengantisipasi pukulan balasan Astrup.

Namun, 'Minions' bisa menyamakan skor 16-16. Meski kembali tertinggal 17-19, ganda putra terbaik dunia itu masih menahan di skor 19-19. Deuce 20-20 tercipta, momentum langsung dicuri 'Minions'. Smes keras Marcus masuk, keduanya berteriak penuh semangat saat membuka keunggulan 21-20.

Detik berikutnya, ketika Kevin cepat menyambar shuttlecock di depan net, saat itu juga keunggulan 22-20 dipastikan selama 20 menit gim pertama. "Kontrol di depannya," begitu ucapan asisten pelatih, Aryono Miranat, yang terdengar di tayangan resmi.

Lanjut ke gim kedua, Marcus/Kevin kehilangan poin pembuka ketika shuttlecock mengarah ke tubuh Kevin dan sulit dibalas. Skor mudah disamakan 1-1, tapi saat itu juga Astrup/Rasmussen lebih dulu mencuri serangan dan unggul 3-1 di menit pertama.

Marcus/Kevin di babak pertama Jepang Terbuka 2018. (Foto: Kazuhiro NOGI / AFP)

Skor bisa ditahan 3-3 hingga 4-4, tetapi 'Minions' kembali tertinggal hingga 4-6 karena gagal mengamankan drive cepat lawan. Di skor 6-7, kedudukan menjadi imbang 7-7 ketika challenge Astrup/Rasmussen gagal.

Marcus/Kevin pun berbalik unggul 11-10 di interval gim kedua. Karena selisih tipis, mudah bagi lawan untuk menyamakan kedudukan 11 sama. Variasi serangan Astrup/Rasmussen dan beberapa kesalahan 'Minions' membuat skor tertinggal 11-13 hingga 12-15.

Namun, juara All England 2017 dan 2018 ini balik menguasai permainan dan mulai menyerang cepat. Skor disamakan 15-15, hingga diubah menjadi keunggulan 17-15. Match point 20-17 lalu disegel ketika pukulan Marcus masuk tanpa kendala.

Hingga akhirnya, satu tiket ke semifinal sukses direngkuh Marcus/Kevin dengan menyegel keunggulan 21-17 buah poin pamungkas dari shuttlecock Rasmussen yang melesat jauh ke samping lapangan.

Menang straight game, selanjutnya 'Minions' akan melawan pemenang di laga antara andalan ketiga turnamen sekaligus tuan rumah, Liu Cheng/Zhang Nan, dan wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Dari court terpisah, selang beberapa menit kemudian tiket semifinal juga diamankan ganda putra kawakan, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang menang usai bermain tiga gim lawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) dengan skor akhir 21-11, 16-21, dan 21-12.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: