Pencarian populer

Marquez Crash, Alex Rins Menangi MotoGP AS 2019 di Depan Rossi

Momen saat pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins sempat memimpin balapan MotoGP Qatar 2019. Foto: twitter/suzukimotogp

Alex Rins mencatatkan sejarah dalam karier balapnya di kelas MotoGP usai meraih kemenangan untuk pertama kalinya saat mentas di Grand Prix (GP) Amerika Serikat (AS). Berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) pada Senin (15/4/2019) dini hari WIB, pebalap Suzuki Ecstar itu meraih podium pertama usai memenangi pertarungan sengit dengan Valentino Rossi.

Rossi sendiri akhirnya harus puas menempati posisi kedua dan di posisi ketiga terdapat Jack Miller yang meraih podium pertamanya bersama Alma Pramac Racing Ducati.

Tak seperti kondisi terakhir saat babak kualifikasi, di sesi balapan utama ini cuaca begitu terik dengan suhu 30 Derajat. Tiga pebalap terdepan di garis start yang diisi Marquez, Rossi, dan Crutchlow pun menggunakan ban medium untuk mengarungi balapan.

Selepas lampu hijau menyala, tiga pebalap di barisan terdepan tak berubah meski Rossi sempat mencoba menikung Marquez di tikungan pertama. Tetapi terdapat perubahan di posisi empat hingga enam di mana Dovizioso yang start dari urutan ke-13, langsung merangsek ke posisi enam di depan Maverick Vinales.

Hingga empat putaran terlewati, Marquez masih nyaman di posisi terdepan dan jaraknya dengan Rossi sempat menyentuh angka 1,804 detik, The Doctor pun terus ditempel ketat oleh Crutchlow. Tapi, saat memasuki putaran kelima, pebalap asal Inggris yang coba menyalip Rossi justru terjatuh di tikungan ke-11.

Posisi tiga pun diambil alih oleh Miller yang dibuntuti Alex Rins dan Franco Morbidelli yang merangsek ke posisi lima di depan Dovizioso. Di tengah sengitnya persaingan di belakang Marquez, GP AS musim ini menghadirkan drama lain berupa penalti bagi Joan Mir dan Vinales yang dianggap nyolong start (jump start). Keduanya mesti melewati pit lane dan merosot ke barisan belakang.

Sementara itu, Marquez yang tampil konsisten sebagai pemimpin balapan dengan jarak 3 detik dari Rossi, justru terjatuh di tikungan ke-12 saat balapan tersisa 11 putaran. Meski coba kembali ke lintasan, motor Marquez tak lagi bisa berfungsi dan harus menerima nasib pensiun dini dari GP AS.

Posisi otomatis berubah dengan Rossi menjadi pemimpin balapan yang diikuti Rins dan Miller di posisi dua dan tiga. Tapi, jarak Rossi dengan Rins di belakangnya cukup tipis, cuma 0,646 detik. Jarak ini semakin menipis jadi 0,3 detik di sisa lima putaran.

Di posisi belakang mereka, Dovizioso sukses menyalip Morbidelli untuk menempati urutan keempat. Sementara itu, nasib kurang beruntung dialami oleh pebalap Honda lainnya, Jorge Lorenzo, yang harus mengakhiri balapan lebih cepat lantaran terjatuh di tikungan ke-12.

Ketika balapan tersisa empat lap, Rins akhirnya menyalip Rossi. Untuk mengejarnya, Rossi sempat melebar saat menikung, beruntung pebalap berusia 40 tahun itu masih bisa mengembalikan motornya ke lintasan. Tapi, jaraknya dengan Rins menjadi 0,449 detik di sisa dua putaran.

Di putaran terakhir, Rossi masih terus berupaya mengejar Rins. Akan tetapi, upayanya tak membuahkan hasil karena pebalap asal Spanyol itu tampil konsisten untuk menjaga jarak. Hingga melewati garis finis, Rins tetap berada di posisi terdepan, disusul Rossi di posisi kedua, dan Miller di urutan ketiga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23