Pencarian populer

Marquez: Saya Masih Unggul 23 Poin di Klasemen

Marquez crash di GP Italia. (Foto: Twitter: MotoGP)

Marc Marquez apes. Rider andalan Tim Repsol Honda itu mendapatkan hasil buruk pada Grand Prix (GP) Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018) malam WIB. Mengalami insiden di awal balapan, Marquez pun tercecer dan finis ke-16.

Padahal, pebalap berpaspor Spanyol itu tampil menjanjikan di putaran awal. Memulai race dari posisi enam, Marquez langsung merangsek ke posisi tiga di belakang Jorge Lorenzo (Tim Ducati Corse) dan Valentino Rossi (Tim Movistar Yamaha).

Ketika mencoba menyalip Rossi, terjadilah petaka pada The Baby Alien —begitu julukan Marquez. Memasuki tikungan 10 saat balapan baru berjalan lima lap, Marquez tergelincir dan keluar lintasan. Meski tidak terluka dan bisa melanjutkan balapan, crash itu sudah membuang jauh-jauh asa Marquez untuk merengkuh podium.

Setidaknya, walaupun pulang dengan tangan kosong, Marquez masih mengamankan posisi puncak di klasemen sementara GP 2018 lewat koleksi 95 poinnya. Kokohnya Marquez di puncak klasemen tak lepas dari kesuksesannya meraih tiga kemenangan beruntun, yakni di GP Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis.

"Saya dan tim telah mengalami masa yang sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi ban sepanjang akhir pekan di Mugello. Padahal saya tidak terlalu kesulitan saat balapan. Tetapi tanpa diduga ban depan tertahan meski saya saat itu tidak melaju cepat," ungkap Marquez seperti dikutip dari laman resmi Honda Racing Corporation, Senin (4/6).

"Yang penting saya selamat, dan ketika kembali mengikuti race kecepatan kami bagus meskipun motor sedikit rusak. Okelah kami mendapat hasil seperti ini, tetapi kami masih memiliki jarak 23 poin di klasemen," imbuh juara MotoGP 2017 itu.

Dengan menyegel 95 poin dan unggul 23 angka dari Rossi di klasemen sementara, Marquez berujar bahwa di kalendar yang sama, yakni seri keenam ini, dirinya sudah lebih baik dari musim lalu, di mana saat itu ia tertinggal 37 poin.

Marquez di Sirkuit Losail, Qatar. (Foto: KARIM JAAFAR / AFP)

"Hari ini juga kembali menjadi bukti apa yang selama ini saya katakan: kompetisi balapan tahun 2018 ketat, musim masih panjang, dan semua bisa terjadi. Saya sendiri akan terus berjuang di Montmelo dan menggunakan ban yang biasa kami pakai. Kami akan berjuang dan kembali dengan lebih kuat!" seru Marquez.

Balapan GP Italia sendiri dimenangi Jorge Lorenzo yang unggul 39,311 detik di depan Marquez. Bagi Lorenzo, ini kemenangan pertama bersama Ducati. Di tempat kedua, mengekor rekan setim Lorenzo, Andrea Dovizioso, yang menyempurnakan akhir pekan untuk Ducati.

Sementara rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, mengalami kecelakaan kala balapan baru berjalan satu putaran sekaligus membuat sesama pebalap Honda, Takaaki Nakagami, ikut terjatuh dan pensiun dini dari balapan. Seri berikutnya akan digelar di Sirkuit Montmelo, Barcelona, Catalunya, pada 17 Juni mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53