Pencarian populer

MotoGP AS 2019: Marquez Start Terdepan, Rossi di Belakangnya

Marc Marquez menjalani Kualifikasi MotoGP Argentina. Foto: Juan Mabromata/AFP

Marc Marquez menunjukkan bahwa dirinya adalah raja Circuit The Americas (COTA). Pada sesi kualifikasi MotoGP Amerika Serikat (AS) yang terhelat, Minggu (14/4/2019) dini hari WIB, pebalap berusia 25 tahun itu berhasil menyegel pole position.

Di belakangnya persis, Valentino Rossi bakal memulai balapan di posisi kedua. Kemudian ada Cal Crutchlow di urutan ketiga. Di sisi lain, malang tak dapat ditolak Andrea Dovizioso karena akan memulai balapan di luar 10 besar.

Lantaran menghuni 10 besar pada sesi latihan bebas kedua (F2), Maverick Vinales, Marc Marquez, dan Valentino Rossi langsung lolos ke kualifikasi kedua (Q2). Sementara, Dovizioso mesti memulai dari Q1 bersama beberapa nama beken lainnya macam Johann Zarco, Danilo Petrucci, dan Jorge Lorenzo.

Hingga Q1 menyisakan waktu tiga menit, Dovizioso masih berupaya menggeser Petrucci dan Miguel Oliveira di posisi dua tercepat untuk lolos ke Q2. Perjuangan Dovizioso hampir saja berhasil, tetapi di detik-detik terakhir, Lorenzo dan Petrucci menggeser posisinya. Sehingga Dovizioso gagal melaju ke Q2 dan akan start dari posisi 13.

Masuk ke Q2, Marquez dan Lorenzo menjadi dua pebalap pertama yang menjajal peruntungan. Tapi, Lorenzo kalah 2,5 detik dari Marquez yang mencatatkan waktu 2 menit 3,787 detik. Rossi coba mengalahkan catatan waktu ini, tetapi cuma cukup membuatnya ada di urutan kedua, sementara tempat ketiga diisi Jack Miller dan Vinales keempat.

Namun, jelang berakhirnya Q2, Cal Crutchlow memberi kejutan dengan merangsek ke posisi tiga. Rossi yang kembali mencoba menyalip keunggulan waktu Marquez kembali gagal dan cuma berjarak 0,2 detik, sedangkan Miller turun ke posisi empat.

Marquez sendiri masih coba memperbaiki catatan waktunya, tetapi catatan waktunya di awal Q2, yakni 2 menit 3,787 detik belum bisa dilewati. Meski begitu, catatan tersebut tetap mengantarkan sosok asal Spanyol tersebut menjadi pebalap terdepan saat balapan nanti.

Di urutan kedua masih ditempati Rossi yang akan start di depan Crutchlow di urutan ketiga. Kemudian Miller keempat dan Pol Espargaro kelima. Sementara Vinales yang jadi pebalap tercepat di FP2 lalu, harus puas memulai balapan dari posisi keenam.

Di posisi tujuh ada pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, dan Petrucci kedelapan. Sementara di posisi sembilan dan kesepuluh diisi duo pebalap Petronas Yamaha Sepang Team, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Lantas, Lorenzo mengisi garis ke-11 dan Francesco Bagnaia ke-12.

Setelah merampungkan rangkaian pra-balapan ini, para rider dijadwalkan melakoni balapan utama pada Senin (15/4/2019) pukul 02:00 dini hari WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23