Pencarian populer

MotoGP Belanda: Marquez Menangi Pertarungan Penuh Drama di Assen

Marquez dalam balapan MotoGP Belanda. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

Marc Marquez berhasil meraih kemenangan keempatnya di MotoGP musim 2018 ini. Kemenangan itu diraih Marquez pada MotoGP Belanda. Dia sukses mengasapi para pebalap lain seperti Maverick Vinales, Valentino Rossi, Maverick Vinales, Andrea dovizioso hingga Alex Rins.

***

Sengit. Itulah satu kata yang dapat menggambarkan jalannya balapan MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018) malam.

Sejak balapan dimulai, pebalap-pebalap sudah susul-menyusul untuk memperebutkan posisi terdepan. Dan yang paling mengejutkan adalah aksi Jorge Lorenzo yang tiba-tiba meroket dari urutan 10 ke urutan pertama.

Pebalap Ducati itu mengunguli Marc Marquez yang sebelumnya menempati pole. Marquez berada di posisi dua dan di belakang pebalap Repsol Honda itu ada Valentino Rossi yang memang mengawali balapan dari posisi tiga.

Di belakang tiga pebalap itu, Cal Crutchlow (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), Alex Rins (Suzuki), dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha) mengekor. Mereka terus melihat kesempatan menerobos tiga besar.

Nyatanya, berhasil. Pada putaran keempat, Rossi merosot ke posisi empat. Rins yang mengambil tempat pebalap Movistar Yamaha itu. Dan tak lama setelahnya, giliran Vinales yang menggusur tempat Rossi. Situasi di barisan depan benar-benar memanas.

Situasi memanas saat ketika balapan menyisakan 15 lap, motor Rins menyenggol motor Marquez. Sang pemimpin klasemen hampir saja terjatuh, tetapi dia beruntung bisa menjaga keseimbangan dan melanjutkan balapan.

Kejutan kemudian tercipta saat Dovizioso tiba-tiba menusuk ke barisan depan, menyalip Marquez untuk mendapatkan posisi dua, dan terus menekan Lorenzo. Pertarungan tiga pebalap ini benar-benar membuat penonton tegang.

Ketika balapan menyisakan sembilan putaran, Lorenzo yang tertekan melakukan kesalahan. Motornya melebar dan dengan mudah dia disalip para pebalap di belakangnya. Marquez, Dovizioso, Vinales, dan Rossi berhasil menggusur posisi calon pebalap Repsol Honda itu.

Klimaks kemudian tercipta saat Vinales berhasil menyalip Dovizioso dan Rossi untuk menempati urutan dua, dan setelahnya menyalip Marquez untuk jadi yang terdepan. Vinales benar-benar meyakinkan dan duelnya dengan Marquez begitu seru.

Namun, petaka menimpa pebalap berusia 23 tahun itu. Dia sempat melakukan kesalahan yang membuatnya melorot ke posisi empat, membiarkan Marquez, Dovizioso, dan Rossi menyalip. Di sini, situasi seru terus bertahan, bahkan Dovizioso dan Rossi sempat berebut posisi puncak, menggusur Marquez ke posisi tiga.

Akan tetapi, Marquez yang jeli melihat celah kembali menyalip dua pebalap di depannya. Juara bertahan MotoGP itu berhasil kembali ke urutan pertama dan terus mengamankan posisi tersebut, melaju jauh meninggalkan Rossi dan Dovizioso di belakangnya.

Ketika balapan hanya menuisakan dua putaran lagi, Rossi dan Dovizioso mendapat petakan. Kedua pebalap itu digusur oleh Rins dan Vinales yang terus membuntut di belakang. Meski drama sempat terjadi, pada akhirnya, formasi Marquez pertama, Rins kedua, dan Vinales ketiga ini terus bertahan hingga finis.

Hasil MotoGP Belanda:

1. Marquez

2. Rins

3. Vinales

4. Dovizioso

5. Rossi

6. Crutchlow

7. Lorenzo

8. Zarco

9. Bautista

10. Miller

11. Iannone

12. P Espargaro

13. A Espargaro

14. Redding

15. Pedrosa

16. Rabat

17. Smith

18. Syahrin

19. Nakagami

20 Luthi.

Gagal Finis: Petrucci, Simeon, Abraham.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: