• 1

MotoGP Jerman: Marquez Podium Pertama, Rossi dan Vinales di Bawahnya

MotoGP Jerman: Marquez Podium Pertama, Rossi dan Vinales di Bawahnya


Marc Marquez

Marquez crash di GP Italia. (Foto: Twitter: MotoGP)
Grand Prix (GP) Jerman menjadi milik Repsol Honda, Marc Marquez. Dia keluar sebagai juara dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (15/7/2018) malam WIB. Masih di podium, ada dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.
Bagi Marquez, kemenangan ini terasa spesial. Sebab, inilah kali kesembilan secara beruntun pebalap Spanyol tersebut menguasai GP Jerman.
Marquez memulai balapan dari pole position berkat performa apiknya pada babak kualifikasi. Namun, ketika balapan dimulai, dia langsung turun ke posisi ketiga karena disalip oleh Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci. Di bawahnya, ada Valentino Rossi.
Putaran pertama di Assen juga menyajikan insiden kurang menyenangkan untuk beberapa pebalap. Pol Espargaro dan Alex Rins mengalami kecelakaan sehingga tidak bisa melanjutkan balapan.
Baru di lap kelima, Marquez mengambil alih posisi kedua. Giliran Rossi melakukan hal serupa di putaran kesembilan sehingga Petrucci turun ke tempat keempat. Perubahan kembali terjadi di putaran ke-13. Marquez meyalip Lorenzo sehingga memimpin balapan.
Rossi sempat melakukan upaya serupa. Salah satunya di lap ke-15, tetapi kecepatannya tak cukup. Di sini, Rossi juga masih terpaut 2,7 detik dari Marquez di posisi pertama. Perjuangan Rossi merebut tempat kedua menemui hasil satu putaran berselang.
Posisi pertama dan kedua tidak berubah sampai balapan rampung. Sementara, Lorenzo kembali melorot saat balapan menyisakan lima putaran. Posisi ketiga menjadi milik Petrucci.
Podium yang sudah di depan mata Petrucci sirna. Penyebabnya, di tikungan delapan lap ke-29, dia digusur oleh rider Yamaha, Maverick Vinales. Tak ada perubahan di posisi tiga besar hingga balapan berakhir. Marquez menjadi juara dan duo Yamaha menemaninya di podium.
Dengan hasil GP Jerman, Marquez sekaligus melebarkan kans untuk meraih gelar juara dunia untuk kali ketiga secara beruntun. Sosok asal Catalunya ini masih memimpin klasemen sementara MotoGP dengan raihan 165 poin, unggul 46 angka atas Rossi.



SportsMotoGPRepsol HondaMarc MarquezValentino Rossi

presentation
500

Baca Lainnya