Pencarian populer

MotoGP Jerman: Marquez Tercepat Lagi, Dovizioso dan Rossi Gagal ke Q2

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, melakoni sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Sachsenring dalam GP Jerman 2019. Foto: Tobias SCHWARZ/AFP
Marc Marquez tak mau menyia-nyiakan posisi satu di klasemen perhitungan waktu, seusai latihan bebas pertama atau free practice 1 (FP1) dan FP2 GP Jerman 2019.
ADVERTISEMENT
Maka pada Sabtu (6/7/2019) siang WIB, rider Repsol Honda ini langsung menggeber RC213V-nya begitu FP3 dibuka. Sama seperti Marquez, rider kawakan Yamaha, Valentino Rossi, juga segera keluar dari pit untuk menjajal aspal Sachsenring.
Lima menit pertama, puncak klasemen FP3 masih disegel oleh catatan waktu tercepat Marquez selama 1:20,705 detik dari FP2. Selama itu pula, sang empunya nama belum bisa memperbaiki catatan waktunya sendiri, termasuk percobaan selama 1:23,155 detik di menit kelima.
Setelah latihan ketiga penentu kualifikasi ini berlangsung 10 menit, tiga pebalap mengalami kendala di Tikungan 1 Sachsenring. Lebih dulu ada Fabio Quartararo (Yamaha SRT), si pebalap tercepat di FP1 itu, yang telat melakukan manuver sehingga masuk ke area kerikil Sachsenring.
ADVERTISEMENT
Kesalahan yang sama dilakukan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli.
Selain itu, tak ada kendala berarti bagi para pebalap di trek sepanjang 3,671 km ini. Pada menit ke-15, mayoritas rider memilih beristirahat di pit, sementara Marquez masih getol menguji motornya.
Hingga 20 menit FP3 berjalan, Top 10 sementara untuk mengamankan tempat di Kualifikasi 2 (Q2) diisi Marquez, Alex Rins, Quartararo, Aleix Espargaro, Vinales, Pol Espargaro, Cal Crutchlow, Jack Miller, Morbidelli, dan Danilo Petrucci.
Sementara, rider andalan Ducati, Andrea Dovizioso, hingga Rossi masih belum bisa melewati batas minimal yang ditetapkan Petrucci.
Tersisa 15 menit, klasemen berubah saat Quartararo menggusur Marquez buah lap tercepat 1:20,515 detik.
ADVERTISEMENT
Beberapa menit kemudian, Vinales merangsek ke posisi dua, sedangkan Marquez harus puas turun ke posisi tiga. Baru pada detik-detik akhir FP3, Marc Marquez kembali membuktikan kehebatannya dan mengamankan posisi satu berkat lap tercepat selama 1:20,347 detik.
Pada akhirnya, Top 10 klasemen gabungan latihan bebas menghadirkan nama-nama seperti Marquez, Quartararo, Rins, Petrucci, hingga Pol Espargaro. Mereka pun memastikan diri lanjut ke Kualifikasi 2 (Q2). Sementara, Dovizioso dan Rossi menjadi dua nama besar yang harus memulai dari Q1.
Berikutnya, para pebalap bakal melakoni FP4 sebagai latihan terakhir pada Sabtu (6/7) pukul 18:30 WIB, lanjut sesi Kualifikasi 1 (Q1) mulai pukul 19:10 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86