Pencarian populer

OCA Revisi Medali Emas Indonesia di Asian Games 1962: Dari 21 Jadi 11

Medali emas Asian Games 2018 (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Sempat terjadi polemik ketika situs resmi Asian Games 2018 merilis data statistik mengenai perolehan medali Indonesia, Minggu (26/8) kemarin. Ada perbedaan data mengenai jumlah perolehan medali emas Indonesia pada Asian Games 1962, ada yang menyebut 11 medali emas, sebagian lagi menyebutkan 21 medali emas.

Tak lama setelah Indonesia mendapat medali emas ke-12 dari cabang JetSki lewat Aqsa Sutan Aswar, di situs resmi Asian Games 2018 muncul data bahwa Indonesia telah melewati rekor terbaik yang pernah dicapai sebelumnya pada tahun 1962, yakni 11 emas. Namun informasi ini kemudian banyak yang memprotes karena di Wikipedia merujuk kepada tabel Olympic Council of Asia (OCA)—badan resmi untuk olahraga di level Asia—, yang menuliskan Indonesia mendapat 21 emas pada tahun 1962.

Asian Games 1962 (Foto: Twitter/@simamaung)

Perdebatan pun bermunculan. Mana yang benar? kumparanSPORT sejak awal sudah menelusuri soal informasi ini dan ragu dengan data yang ditampilkan OCA. Sebab klaim perolehan medali emas di cabang olahraga yang ditampilkan di situs OCA, tidak sesuai dengan data pemenang cabang yang dimaksud.

Sebagai contoh, dalam catatan yang muncul di Wikipedia, ada informasi dua emas pada Asian Games 1962 dari cabang renang. Namun saat dicek ke daftar pemenang renang saat itu, tak ada nama atlet Indonesia. Hal serupa juga terjadi di cabang tinju. Tak ada pemenang Indonesia seperti diklaim dalam halaman sebelumnya.

Asian Games 1962 (Foto: Twitter/@Mah5Utari)

Informasi dari koran yang mengutip Associated Press juga menyebut bahwa Indonesia memperoleh 11 medali emas. Bahkan di dokumen arsip nasional, tercantum jelas Indonesia berada di peringkat kedua dengan 11 emas.

Perolehan medali Indonesia di Asian Games 1962 (Foto: Dok. Arsip Nasional)

Terkait raihan 11 medali emas, data pemenangnya bisa dipertanggungjawabkan dan nama-namanya bisa dilacak. Medali-medali itu datang dari 5 nomor di bulu tangkis, 3 emas dari sepeda, 2 emas dari atletik dan satu emas dari cabang diving.

Artinya, informasi dari OCA memang sejak awal meragukan. Tak heran, pagi ini dalam situs resmi OCA informasi soal medali emas Indonesia Asian Games 1962 sudah berubah. Dari sebelumnya 21 emas, menjadi 11 emas dengan tambahan perak 12 medali dan perunggu 28 medali.

Peraihan medali Indonesia Sebelum (Kiri) dan Sesudah (Kanan) direvisi Olympic Council of Asia (OCA). (Foto: Dok. Olympic Council of Asia)

Hingga pukul 10.00 WIB, perolehan medali emas Indonesia kini sudah 13. Tambahan emas terakhir datang dari cabang Pencak Silat lewat atlet Puspa Arumsari.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57