kumparan
28 Mei 2018 10:58 WIB

Opening Ceremony Asian Games 2018 Tampilkan 5.500 Pengisi Acara

Parade Asian Games di Jalan Medan Merdeka (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Sejarah baru akan terukir pada 18 Agustus 2018 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Hari itu, Indonesia akan resmi menggelar Asian Games untuk kedua kalinya.
ADVERTISEMENT
Dalam merancang upacara pembukaan (opening ceremony), Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) tidak mau main-main. Dengan durasi sekitar 2,5 hingga 3 jam, akan ada 5.500 pengisi acara dan 141 musisi serta dibantu 4.241 tenaga lokal dan 233 tenaga asing.
Sesuai slogan 'Energy of Asia', opening ceremony Asian Games 2018 ini mengusung budaya Nusantara lewat tari-tarian kolosal dengan musik yang tentunya akan meriah dan bisa memantulkan semangat Indonesia hingga seluruh dunia. Untuk urusan ini, semua akan diserahkan pada Wishnutama sebagai Creative Director Opening & Closing Asian Games 2018.
CEO Net Mediatama Televisi yang juga merupakan komisaris kumparan itu mengatakan, tarian dari berbagai daerah di Indonesia akan ditampilkan oleh ribuan penari. Opening ini juga lebih menonjolkan sisi tradisi secara seremoni, berbeda dengan closing ceremony yang lebih bersifat pesta selebrasi.
ADVERTISEMENT
"Nantinya (opening ceremony) ini jadi surprise item. Kami akan angkat elemen keragaman dan lain-lain agar Indonesia bisa jadi simbol 'Energy of Asia' itu. Intinya dari semua kemasan yang sedemikian rupa, ujungnya akan menunjukkan bahwa negeri kita energi Asia," ucap Wishnutama kepada wartawan.
Sejauh ini, lanjut Wishnutama, persiapan opening ceremony sudah mencapai 60-70%. Saat ini latihan terus bergulir dan panggung di SUGBK akan segera dibuat.
Sementara, menurut Ketua INASGOC Erick Thohir, acara ini akan disaksikan sekitar empat miliar penonton di seluruh dunia. "Maka, kami berkomitmen untuk melibatkan seniman Indonesia sebagai penggawa dalam upacara pembukaan ini," kata Erick.
Selain Wishnutama dan koreografer Eko Supriyanto, anak bangsa yang juga mengerahkan segenap pemikiran untuk upacara pembukaan di antaranya Denny Malik (koreografer), Addie MS dan Ronald Steven (musik), Rinaldi Yunardi dan Dynand Fariz (busana), hingga maestro seni rupa Indonesia, Sunaryo.
ADVERTISEMENT
Wishnutama di kumparan Onboarding (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Untuk tiket, Deputi II Games Administration INASGOC, Francis Wanandi, berujar baru akan dimulai pertengahan Juni. "Nanti kira-kira pertengahan Juli kami mulai promosikan pembukaan Asian Games dan penjualan tiket mulai pertengahan Juni. Kaya film sajalah, ada teaser nanti. Bertahap akan semakin banyak beritanya," jelas Francis.
Asian Games sendiri akan diikuti 45 negara Asia dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga dan 463 nomor event. Selain GBK sebagai jantung, Jakabaring Sport City di Palembang serta beberapa venue di Jawa Barat siap menyokong kesuksesan multievent yang diramaikann belasan ribu atlet itu.
Well, bagaimana? Sudah tidak sabar? Nah, sembari menunggu opening ceremony, ada baiknya Anda menyaksikan kirab obor (torch relay) yang akan melintasi 18 provinsi di Indonesia mulai 15 Juli mendatang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan