Pencarian populer

PBSI Ingin Butet Pensiun Setelah Piala Sudirman 2019

Liliyana Natsir (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Rencana pensiun Liliyana Natsir pada awal 2019 nanti tengah membuat heboh dunia bulu tangkis Indonesia.

Liliyana sendiri mengungkapkan rencana tersebut kepada kumparan dan beberapa media lain di Birmingham Arena sesudah laga babak kedua All England 2018, Kamis (15/3/2018) lalu.

Setelah dia bersama Tontowi Ahmad angkat koper lebih cepat, lantaran kalah dari Hafiz Faizal/Gloria Widjaja, Butet —begitu Liliyana biasa disapa— mengungkapkan bahwa Asian Games 2018 bakal jadi target terakhir yang dia ingin raih.

Kemudian, ketika awal 2019 tiba, Butet siap pensiun. Namun, hal itu memang masih sebatas rencana. Pebulu tangkis asal Manado itu bisa saja berubah pikiran untuk menunda pensiun atau bahkan gantung raket lebih cepat. Belum ada yang bisa memastikan.

Lantas, bagaimana Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menanggapi kemungkinan bakal segera kehilangan salah satu pemain terbaiknya?

Kepada kumparan, Sekjen PBSI Achmad Budiharto mengungkapkan jawabannya. Setelah rencana pensiun itu muncul, Budiharto sendiri langsung berdiskusi bersama Butet.

"Satu hal yang wajar buat para pemain senior. Biasanya mereka ingin berhenti pada puncak kariernya, itu sangat dimaklumi. Tapi, saya sudah bicara dengan dia (Butet), bahwa masih ada satu utang (prestasi) yang belum terpenuhi," ujar Budiharto.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

"Kalau dari ambisi Butet sendiri, yang belum dia raih dan ingin juara itu Asian Games. Tapi buat kami, setelah kami bicara, kami berharap dia bisa ikut di Piala Sudirman(2019) ke depan. Kalau dia masih ada, itu akan menambah kekuatan kami," imbuhnya.

Piala Sudirman sendiri kemungkinan besar berlangsung pada pertengahan 2019. Artinya, waktu penyelenggaraannya bisa melebihi rencana awal Butet soal pensiun. Menilik performa saat ini, Butet punya peluang untuk berada di level teratas pada 2019. Oleh karena itu, PBSI berharap Butet belum pensiun saat Piala Sudirman.

Terlebih, Butet bersama Tontowi saat ini masih berada di peringkat dua besar dunia pada nomor ganda campuran. Mereka juga masih menjadi andalan Indonesia di setiap turnamen. Lantas, akankah demi 'utang', prestasi tersebut Butet bakal memperpanjang masa bakti untuk Indonesia? Mari kita nantikan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: