Pencarian populer

Playoff IBL: Kalahkan Hangtuah 73-69, Garuda Bandung Perpanjang Napas

Bima Perkasa Jogja vs Garuda Bandung (Foto: Aditia Rizki Nugraha/kumparan)

Garuda Bandung memperpanjang napas mereka di babak playoff Indonesian Basketball League (IBL). Setelah di pertemuan pertama kalah 74-76 dari BSB Hangtuah Sumsel, di pertemuan kedua, Sabtu (3/3/3018) Garuda sukses meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 73-69.

Masih berlangsung di C-Tra Arena Bandung, Garuda turun dengan kekuatan penuh. Diftha Pratama dan Garry Jacob bergantian menjadi point guard, sementara Galang Gunawan, Surliyadin mengisi pos forward untuk menunjang Robert Flemings sebagai bigman utama.

Tak mau mengulang kesalahan di pertemuan pertama, Garuda langsung tancap gas sejak menit pertama dengan menyajikan permainan cepat. Saat kuarter pertama menyisakan tiga menit setengah, Flemings menjauhkan selisih menjadi 19-7 untuk Garuda. Hangtuah beruntung memiliki pemain asing macam Keenan Palmore dan Nahson George yang menipiskan poin menjadi 17-23 di akhir kuarter ini.

Memasuki kuarter dua, Garuda melanjutkan dominasi mereka. Dunk Flemings di menit keempat menjauhkan jarak menjadi 30-17. Sekuat tenaga Hangtuah membalas dengan mencetak poin balasan, tapi Garuda pun tak henti-hentinya menggempur pertahanan mereka, hingga akhirnya jump shot Jacobs di 48 detik tersisa menutup kuarter dua untuk keunggulan Garuda; 38-26.

Usai keluar dari ruang ganti, tak ada peningkatan di segi permainan Hangtuah, mereka masih saja melakukan banyak kesalahan sendiri. Kuarter tiga baru berjalan empat menit, Hangtuah sudah melakukan lima kali turnover. Alhasil, pelatih Hangtuah meminta time-out untuk memutus momentum buruk ini.

Beruntung usai berdiskusi selama dua menit di bench pemain, Hangtuah perlahan bangkit dan mulai mencetak angka. Meski tak signifikan dan Garuda pun masih bisa mendulang cukup banyak poin, Hangtuah bisa mengakhiri kuarter tiga dengan tertinggal 43-53.

Playoff: Garuda Bandung vs BSB Hangtuah (Foto: Dok. IBL)

Di awal kuarter pamungkas, laga mulai berjalan sengit dan kedua tim terbilang mudah mencetak poin. Namun, memasuki lima menit terakhir Garuda mulai goyah sehingga Hangtuah mulai bisa menipiskan jarak menjadi 69-71 lewat Georgedi 24 detik waktu tersisa.

Beruntung serangan balik Hangtuah di sisa 17 detik laga tidak berhasil karena turnover. Hingga akhirnya Surliyadin menambah dua poin untuk menutup laga dengan skor 73-69 untuk Garuda.

Duo pemian asing Garuda masih jadi tumpuan utama Garuda di laga in. Jacob berhasil menjadi pendulang angka terbanyak dengan dengan 26 poin dan 9 assist, kemudian Flemings mencatatkan double-double dengan 19 poin dan 12 rebound. Namun, beberapa pemain lokal pun tak kalah menonjol macam Diftha yang mencetak 10 poin dan Surliyadin lima poin.

Dengan kemenangan ini, Garuda berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 yang membuat pelatih mereka, Andre Yuwadi, bungah dan memuji penampilan pasukannya. Akan tetapi, hasil ini harus dibayar mahal oleh Garuda lantaran Flamings dikabarkan mengalami cedera dan bisa saja absen di pamungkas, Minggu (4/3).

"Inilah playoff, anak-anak main tenang jalankan game plan, hasi dari evaluasi setelah kekalahan. Tapi masih ada sedikit tidak konsisten, di laga ini semua pemain siap diturunkan seperti Pandu Gunawan yang tadi lakukan blok penting," kata Andre seusai laga.

"Kita mau pastikan kondisi Flemings dulu. Ada tidak ada dia kita akan mati-matian di gim ketiga. Bermain tim saat menyerang dan bertahan," pungkas Andre.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60