Pencarian populer

Playoff NBA: Raptors dan Nuggets Berbalik Unggul di Gim Kelima

Guard Raptors, Kawhi Leonard, di laga melawan Sixers. Foto: Nick Turchiaro-USA TODAY Sports via Reuters
Toronto Raptors dan Denver Nuggets tak membuang kesempatan emas saat bermain di kandang sendiri. Melakoni semifinal NBA gim kelima di wilayah masing-masing, kedua tim sama-sama menuai kemenangan untuk kembali unggul atas lawan-lawannya.
ADVERTISEMENT
Raptors yang bermain di Scotiabank Arena, Rabu (8/5/2019) siang WIB, menumbangkan Philadelphia 76ers dengan skor 125-89 untuk membuat kedudukan berbalik menjadi 3-2. Jika Raptors mampu memenangi gim keenam yang berlangsung Jumat (10/5) pagi WIB, maka tiket final NBA Wilayah Timur bakal mereka segel.
Salah satu kunci kemenangan Raptors kali ini adalah tak memaksakan penyerangan mereka kepada Kawhi Leonard seorang. Pada laga kali ini pemain 27 tahun itu cuma mencetak 21 poin dan 13 rebound. Padahal, dalam empat pertandingan sebelumnya, Leonard menorehkan rata-rata 33 poin per gim.
Menurut Kyle Lowry, dengan mengurangi beban serangan kepada Leonard, permainan Raptors semakin padu. Terlebih, Raptors mendapat keuntungan lebih karena bisa memberi waktu istirahat lebih panjang kepada eks pemain San Antonio Spurs itu. Ya, di sisa 7 menit kuarter empat, Leonard duduk di bangku cadangan hingga laga rampung.
ADVERTISEMENT
“Malam ini adalah beberapa pertandingan di mana kami membiarkannya beristirahat lebih banyak, yang mana itu menjadi sangat penting. Dia mencetak double-double yang berarti besar, tapi dia tak perlu lagi melakukan semuanya saat kami menyerang,” kata Lowry dilansir ESPN.
Sementara di kubu Sixers, turnover yang kerap dilakukan para pemain-pemain kunci menjadi masalah mendasar di balik kekalahan kedua mereka secara beruntun dari Raptors. Joel Embiid melakukan 8 turnover, Ben Simmons 5 kali, dan Tobias Harris, Jimmy Butler, serta JJ Reddick masing-masing satu kali.
Selain itu, tajamnya Raptors dalam melepas tembakan tripoin di laga ini diakui pelatih Sixers, Brett Brown, sebagai sebab lain timnya kalah dengan margin 36 angka. Raptors memasukkan 16 dari 40 percobaan tripoin atau terbanyak dalam lima pertemuan dengan Sixers.
ADVERTISEMENT
“Ketika keluar dari ruang ganti, permainan kami mulai kacau. Saya memberi apresiasi kepada Raptors, kami tak punya jawaban untuk menghentikan beberapa pemain mereka. Tembakan tripoin juga menghukum kami di laga ini,” jelas Brown.
Paul Millsap dan Nikola Jokic melakukan rebound. Foto: Ron Chenoy-USA TODAY Sports via Reuters
Kemenangan dengan margin besar juga didapatkan Nuggets atas Portland Trail Blazers. Bertanding di Pepsi Center, Nuggets menumbangkan Blazers dengan skor 124-98. Dan sama seperti Raptors, jika Nuggets memenangi gim keenam pada Jumat (10/5), maka tiket final NBA Wilayah Barat bakal mereka peroleh.
Paul Millsap disebut pelatih Nuggets, Michael Malone, sebagai sosok yang berperan penting membawa kemenangan ini. Sebagai salah satu pemain veteran, Millsap dianggap mampu memberi impak positif yang terbukti dengan torehan 24 poin dan 8 rebound.
ADVERTISEMENT
“Selama 13 tahun dia bermain di liga ini (NBA), ada banyak pertandingan yang sudah ia lewati dan dia bisa bangkit ketika ia merasa harus. Saya pikir, hal terbaik tentang Millsap adalah dia jujur dengan kemampuan dirinya. Ia tak pernah coba melakukan yang tak bisa dilakukan, dia juga bukan orang yang suka berteriak atau meledek,” tutur Malone.
“Saya pikir ketenangannya adalah sesuatu yang natural dan memberi efek bagus buat tim yang didominasi pemain muda dan baru pertama kali ini masuk ke semifinal. Kemudian ada pemain dengan 90 kali catatan bermain di playoff. Dia benar-benar memberi impak untuk semua pemain muda,” tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85