kumparan
24 Apr 2019 13:02 WIB

Playoff NBA: Raptors, Sixers, dan Blazers Melangkah ke Semifinal

Toronto Raptors vs Orlando Magic. Foto: Eric Hartline-USA TODAY Sports via Reuters
Toronto Raptors tak membuang kesempatan emas ketika mementaskan gim kelima playoff NBA ronde pertama di markasnya sendiri, Scotiabank Arena, Rabu (24/4/2019) siang WIB. Raptors sukses menghempaskan Orlando Magic dengan skor 115-96.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil itu, Raptors unggul 4-1 dan memastikan diri melangkah ke semifinal Wilayah Timur. Kelolosan ini dianggap punya arti besar oleh guard Raptors, Kyle Lowry, lantaran membuktikan ketangguhan mentalitas timnya saat sempat keok pada gim pertama.
“Kami mencoba melupakan kekalahan di gim pertama dan mencoba memikirkan bagaimana meresponsnya. Kami agak sedikit loyo saat itu dan harus segera melupakannya dengan cepat. Apa yang ingin kami lakukan adalah bermain sebagai sebuah kesatuan dan mempertahankan bentuk permainan tim. Sekarang kami harus melanjutkan hasil bagus ini,” kata Lowry dilansir ESPN.
Di babak semifinal nanti, Raptors bakal menghadapi Philadelphia 76ers yang di laga lain sukses menundukkan Brooklyn Nets 122-100 pada gim kelima. Atas kemenangan itu, Sixers--sebutan Philadelphia 76ers---unggul 4-1 atas Nets.
ADVERTISEMENT
Para pemain Philadelphia 76ers meryakan kemenangan. Foto: Dan Hamilton-USA TODAY Sports via Reuters
Menanggapi Sixers sebagai lawan di babak selanjutnya, Nick Nurse selaku juru taktik Raptors mengaku sangat antusias. Terlebih, menyoal kekuatan Sixers yang dianggapnya kian kuat dengan kehadiran sosok macam Joel Embiid, Ben Simmons, Tobias Harris, hingga Jimmy Butler.
“Akan menjadi pertandingan yang sangat menarik. Terutama Sixers adalah tim yang dihuni oleh pemain-pemain dengan tubuh besar dan tinggi. Ada Joel Embiid di area permainan dalam mereka. Tapi, yang jelas mereka adalah tim dengan mayoritas pemain besar,” jelas Nurse.
Keunggulan fisik yang dimiliki Sixers diakui oleh Simmons. Ingat, Simmons yang notabene berposisi sebagai guard saja punya tinggi badan 208 centimeter atau lebih tinggi 25 centimeter dari Lowry sebagai guard Raptors. Belum lagi ada Boban Marjanovic yang tubuhnya menjulang hingga 220 centimeter, lebih tinggi 6 centimeter atas Marc Gasol sebagai center Raptors.
ADVERTISEMENT
“Secara keseluruhan tim kami punya keunggulan soal fisik. Saya pikir kami harus bisa memanfaatkan aspek itu ketika menghadapi Raptors nanti,” tutur Simmons.
Damian Lillard melakukan tripoin ke ring Oklahoma City Thunder. Foto: Jaime Valdez-USA TODAY Sports via Reuters
Blazers Kubur Mimpi Thunder, Spurs Kembali Dijegal Nuggets
Mari beralih ke Wilayah Barat. Pertandingan antara Trail Blazers dan Oklahoma City Thunder pada gim kelima di Moda Center berlangsung ketat hingga kuarter empat tersisa 32 detik skor imbang 115-115. Damian Lillard lantas menjadi sosok protagonis yang memberi kemenangan buat Blazers.
Tembakan tripoin pemain berusia 28 tahun itu masuk saat buzzer beater berbunyi yang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 118-115 untuk kemenangan Blazers. Tripoin itu sendiri menggenapkan torehan Lillard di laga ini menjadi 50 poin.
Yang lebih spesial dari torehan individu, kemenangan atas Thunder ini membuat keunggulan Blazers menjadi 4-1 yang sekaligus memastikan mereka menjadi tim Wilayah Barat pertama lolos ke babak semifinal.
ADVERTISEMENT
San Antonio Spurs vs Denver Nuggets. Foto: Isaiah J. Downing-USA TODAY Sports via Reuters
Sementara itu, di pertandingan lain San Antonio Spurs gagal melanjutkan penampilan impresif usai menelan kekalahan 90-108 dari Denver Nuggets pada gim kelima di Pepsi Center. Atas hasil itu, Nuggets membalikkan keadaan menjadi 3-2.
Kendati begitu, Spurs masih punya kans untuk menyamakan keadaan lagi karena gim keenam bakal berlangsung di markas mereka sendiri, AT&T Center, Jumat (26/4) pagi WIB. Jika menang, Spurs bakal memaksa Nuggets bermain hingga gim ketujuh yang dijadwalkan berlangsung, Sabtu (27/4) pagi WIB, di Pepsi Center. Tapi jika kalah di gim keenam, ya, otomatis Spurs tersingkir dari playoff NBA.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan