Pencarian populer

Prancis Terbuka: Halep dan Serena Taklukkan Babak Ketiga

Simona Halep di babak ketiga Roland Garros. (Foto: REUTERS/Charles Platiau)

Simona Halep membuktikan kelasnya di babak ketiga Prancis Terbuka 2018 lewat kemenangan dua set langsung atas petenis asal Jerman, Andrea Petkovic. Tiket babak 16 besar dipastikan menjadi milik petenis peringkat satu dunia itu setelah ia berhasil menutup laga dengan kemenangan 7-5, 6-0.

Bertanding melawan Petkovic yang tercatat sebagai semifinalis Roland Garros 2014, Halep berhasil melesakkan 19 winner dan mengantongi 6 poin (60%) dari 10 upaya net point yang dibukukannya di sepanjang laga.

Dibandingkan dengan Halep, Petkovic lebih aktif dalam permainan di depan net. Pernyataan ini dibuktikan dari catatan statistik net point-nya, yang di atas kertas, jauh lebih unggul. Di sepanjang laga, Petkovic menorehkan 14 upaya net point, dengan persentase kesuksesan 78%. Artinya, 11 dari 14 upaya itu berbuah poin.

Namun demikian, secara keseluruhan, Halep bermain lebih efektif. Kekuatan forehand-nya membuatnya tidak perlu terlampau sering menghajar lawan dengan serangan di dekat net. Agresivitas Halep di laga ini cukup merepotkan. Hal ini dibuktikan dengan raihan return point Petkovic yang hanya mencapai angka 20. Bandingkan dengan Halep yang menuai 36 return point.

Set pertama tidak berjalan dengan mudah untuk Halep. Sempat mencetak keunggulan 1-0, perlahan tapi pasti, Petkovic mengejar dan menyamakan kedudukan. Bahkan laga set pertama sempat menunjukkan skor imbang 5-5. Keputusan Halep untuk meladeni perlawanan Petkovic dengan permainan dekat net mengganjarnya dengan kemenangan 7-5.

Malang bagi Petkovic karena ia tak melakoni laga dalam kondisi fit. Saat tertinggal 0-1 di set kedua, ia meminta time out. Lantas, ia kembali memasuki lapangan dengan lutut yang dibebat. Pemandangan itu mengingatkan kita tentang cedera lutut kanan yang dialaminya pada 2013. Cedera yang pada akhirnya memaksa Petkovic untuk mengakhiri musim dengan lebih cepat.

Halep tak butuh waktu lama untuk memastikan tiket babak keempat menjadi miliknya. Laga set kedua hanya berlangsung 28 menit. Permainan Halep mengganjar Petkovic dengan bagel di set kedua.

Yang merebut kemenangan di babak ketiga tak cuma Halep, tapi juga Serena Williams. Hanya karena Serena memasuki turnamen sebagai non-unggulan, bukan berarti ia kehilangan kelasnya.

Bertanding melawan petenis asal Jerman yang datang ke Roland Garros sebagai unggulan ke-11, Julia Goerges, Serena membukukan kemenangan dalam dua set langsung dengan skor 6-3, 6-4.

Serena melakoni pertandingan babak ketiga sebagai Serena. Ia berteriak lantang setiap meraih poin. Pukulannya kencang, dan yang pasti, ia kembali melakoni laga dengan kostum unik.

Peraih 23 gelar Grand Slam ini memulai laga dengan berapi-api. Servis kencang yang menjadi ciri khasnya menjadi pemandangan yang meyakinkan orang-orang bahwa Serena memang telah kembali.

Gemilangnya servis Serena dibuktikan dengan persentase kemenangan first serve yang ia torehkan. Di set pembuka ini, angkanya mencapai 89%. Hebatnya, selama set pertama, Serena tak sekali pun menghadapi single break point. Artinya, Serena begitu menguasai laga dan menjaga jarak dengan lawannya. Kemenangan 6-3 di set pertama menjadi modal gemilang untuk melakoni set kedua.

Agresivitas Serena tidak menyurut di babak kedua. Saat kedudukan 2-1 untuk keunggulan Serena, petenis asal Amerika Serikat ini menemui tantangan pertamanya di sepanjang pertandingan. Goerges pada akhirnya berhasil mematahkan servis Serena dan memenangi gim. Untuk sementara, skor imbang 2-2.

Serena masih terlalu tangguh untuk takluk pada serangan Goerges. Walau lawannya itu berhasil memenangi dua gim lagi, agresivitas Serena membuatnya sanggup mengendalikan pertandingan. Kemenangan 6-4 menjadi penanda bahwa langkah Serena tak terhenti sampai babak ketiga.

Sharapova di babak ketiga Roland Garros. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

Peraih lima gelar Grand Slam, Maria Sharapova, juga berhasil menyegel satu tempat di babak keempat. Melawan Karolina Pliskova, Sharapova memastikan kemenangan dalam pertandingan dua set dengan skor 6-2, 6-1.

"Saya pikir, saat Anda diproses lewat kompetisi Grand Slam, maka Anda akan menghadapi begitu banyak tantangan di turnamen sekelas ini. Roland Garros selalu tampil sebagai turnamen dengan tantangan yang besar. Mulai dari cuaca hingga jadwal. Sebagai petenis, Anda harus bisa bertahan dan menghadapinya," ungkap Sharapova dalam wawancara seusai laga.

Babak ketiga akhirnya ditutup dengan memunculkan 16 besar petenis yang akan bertarung di babak keempat. Di hari kedua babak ketiga, selain ketiga nama tadi, masih ada tujuh nama lain yang berhasil mengamankan satu tempat di babak 16 besar. Mereka adalah Sloane Stephens, Garbine Muguruza, Caroline Garcia, Angelique Kerber, Anett Kontaveit, Elise Mertens, dan Lesia Tsurenko.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22