Pencarian populer
Rangkuman Tes MotoGP Sepang: Pebalap Tercepat hingga Helm Baru
Marquez dan helm semut andalannya di Tes MotoGP Sepang 2019. Foto: Dok. Box Repsol

Tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-8 Februari lalu dipandang penting oleh tim-tim andal yang berlaga di kompetisi balap motor kelas tertinggi musim ini.
Setelah tes musim dingin dan kerja keras para teknisi selama akhir tahun, di Tes MotoGP Sepang-lah mesin baru motor dicoba untuk pertama kali. Selama tes tiga hari di itu, Tim Repsol Honda juga menguji sasis dan fairing baru.
Tak hanya tim pabrikan Honda tersebut, mayoritas tim juga menguji fairing versi 2019 mereka di Sirkuit Sepang. Sementara tim pabrikan Yamaha, Monster Energy Yamaha MotoGP, fokus pada spesifikasi mesin YZR-M1 2019.
Selama 2017-2018, mereka belum bisa bersaing dengan pabrikan Honda dan Ducati berkaca kepada hasil di podium. Maka jelang Grand Prix (GP) 2019, semua pengaturan penting dicoba bagi Monster Energy Yamaha.
Selain fokus meningkatkan performa motor, para rider juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan livery, seragam, dan helm anyar. Yang tak boleh dilupakan, adalah Petronas Yamaha SRT, tim debutan 2019 yang memberi warna baru di lintasan balap.
Well, Tes MotoGP Sepang selesai digelar, ada banyak komentar-komentar dan momen seru yang tak boleh luput diperhatikan. Berikut kumparanSPORT merangkumnya untuk para penggemar MotoGP:
1. Ducati Berjaya di Hari Ketiga
Ducati 'memerahkan' klasemen akhir Tes MotoGP Sepang 2019 dengan sapu bersih Top 4. Meski biasa-biasa saja di hari pertama dan kedua, pabrikan asal Bologna, Italia, ini menjadi yang tercepat di hari ketiga.
Pada hari terakhir itu, tim lain pun mengerahkan semua pengaturan terbaik, tapi tetap Ducati yang lebih unggul. Ada Danilo Petrucci, rider tim pabrikan Mission Winnow Ducati yang menyegel catatan 1 menit 58,239 detik. Di atas trek, waktu tersebut memecahkan rekor lap tercepat Jorge Lorenzo selama 1 menit 58,830 detik pada tes di 2018.
Tiga nama lain di belakang Petrucci adalah Francesco Bagnaia, Jack Miller, dan Andrea Dovizioso. Para pemilik Desmosedici ini bisa menggusur Marc Marquez (Honda), Maverick Vinales (Yamaha), dan Alex Rins (Suzuki) yang konsisten di hari pertama dan kedua.


2. Tim yang Berganti Nama
Tes Sepang di awal tahun 2019 adalah kalender resmi pertama MotoGP. Seperti diketahui, awal tahun juga adalah momen presentasi tim untuk musim yang baru. Bagi tim yang berganti sponsor, mereka merilis nama dan livery baru motor saat presentasi.
Jadi, siapa saja yang hadir ke Sepang dengan identitas baru? Ada tim pabrikan Yamaha yang ganti nama jadi Monster Energy Yamaha selepas perginya Movistar sebagai sponsor utama. "Saya ingin menjadi seperti monster juga," kata Vinales pada presentasi tim di Jakarta, 4 Februari 2019.
Lalu, selamat tinggal Ducati Corse. Tim pabrikan Ducati berganti nama menjadi Mission Winnow Ducati. Selain itu, Tech 3 yang lepas sebagai tim satelit Yamaha juga punya identitas baru. Berganti jadi satelit KTM, kini Tech 3 hadir dengan nama Tim Red Bull KTM Tech 3.
3. Comeback Marquez Setelah Operasi
Marc Marquez mengalami dislokasi bahu di pengujung musim 2018 dan dipastikan semakin parah usai melakoni GP Valencia pada 18 November. Meski begitu, dia masih ngotot melakukan tes Valencia dan Jerez di akhir November.
Rider asal Cervera, Spanyol, ini baru menjalani operasi pada 4 Desember 2018 di Hospital Universitari Dexeus setelah kalender balap kosong. Marquez pun wajib menjalani pemulihan selama enam pekan. Selama itu juga, pemilik lima gelar juara MotoGP ini absen di lintasan, termasuk kegiatan motocross dan di trek yang jadi kegemarannya selama libur.
Akhirnya, comeback resmi Marquez adalah Tes MotoGP Sepang 2019. Sang rider menjadi yang tercepat di hari petama, Rabu (6/2/2019), dengan catatan 1 menit 59,621 detik. Sayangnya, bahunya tak bersahabat di hari kedua dan ketiga sehingga membuat performa Marquez tak maksimal dan hanya puas berada di peringkat 11 klasemen akhir.
"Begitu istirahat, bahu kiri saya semakin parah. Hari ini saya kesakitan dan tidak punya kekuatan. Saya pun tidak bisa balapan seperti biasanya. Ini lebih parah dari yang saya bayangkan, tapi lebih baik dari prediksi dokter dan fisioterapis," ujar Marquez di hari kedua seperti dilansir GPOne.


4. Yamaha, Honda, dan Suzuki Sambut Baik MotoGP 2019
Terlepas dari dominasi Ducati di klasemen akhir Tes MotoGP Sepang, Repsol Honda, Monster Energy Yamaha, dan Suzuki Ecstar cukup puas merangkum tiga hari mereka di lintasan sepanjang 5,5 km itu.
"Ini (MotoGP Sepang) menjadi tes yang positif dan produktif di bawah cuaca panas. Kami menjalani tiga hari tes tanpa masalah. Aspek terpenting adalah kedua pebalap kami berkembang dan punya pandangan yang sama (soal mesin)," kata Massimo Meregalli, Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dalam keterangan resminya.
"Honda bisa mencoba banyak hal yang baru dan saya pun merasa bagus, nyaman, dan konsisten selama di atas motor. Semua yang kami rencanakan bisa diterapkan selama tes. Yang terpenting, saya senang tidak jatuh dan bisa menguji hal penting bagi Repsol Honda," ucap Marquez di laman Honda Racing Corporation.
"Ini adalah tes yang positif bagi pebalap Suzuki. Kami membawa banyak barang baru ke Sepang dan menguji mana yang terbaik untuk balapan. Hasilnya kami bisa mendapat keputusan penting. Tesnya melelahkan, tapi kami sangat produktif," begitu keterangan resmi Ken Kawauchi, Manajer Teknik Suzuki Ecstar.
5. Helm Baru Para Pebalap
Terakhir, tak melulu soal teknis melaju di atas lintasan balap. Beberapa pebalap pun membawa pelindung kepala alias helm yang baru ke Sirkuit Sepang. Helm bintang balap Italia, Valentino Rossi, masih setia mengusung warna kuning favoritnya, meski kali ini corak lebih berwarna-warni.
"Di Sepang, saya akan memakai gelm baru yang didesain Aldo Drudi. Menarik, sangat bernilai seni dan saya rasa itu keren. Untuk musim ini, saya membiarkan Aldo menggambar dengan manual. Ketika selesai, hasilnya bagus karena digambar dengan tangan. Setiap helm saya sungguh unik," ujar Rossi dikutip dari Crash, Senin (11/2).
Selain 'The Doctor', Rins juga mengenalkan helm barunya yang didominasi warna oranye dan putih dengan nomor '42' miliknya di belakang. Marquez, masih begitu bangga dengan sebutan 'Ant of Cervera' dan tampil dengan helm bergambar semut dengan warna merah.


Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: