kumparan
16 Des 2018 18:16 WIB

Samantha Editsho Dianugerahi Kecerdasan Alami

Si juara catur dunia, Samantha Edithso (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Samantha Editsho namanya. Anak perempuan kelahiran 17 Februari 2008 ini mendapat gelar Master catur dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) pada 2015. Saat itu, usianya baru 7 tahun. Sudah mendapatkan sinyal 'spesial' dari bocah asal Kota Bandung ini?
ADVERTISEMENT
Lantas, tiga tahun berselang, tepatnya pada Juni 2018, Samantha mencetak sejarah sebagai juara dunia catur cepat (rapid chess) U-10 di 2nd World Cadets Rapid and Blitz Chess Championships yang berlangsung di Palace of Sport, Kota Minsk, Belarusia.
Di podium, Samantha mengungguli pemain Uzbekistan dan Russia, serta totalnya menjadi yang terbaik di kelompok umur 10 tahun dalam turnamen yang diikuti 747 pecatur muda dari 27 negara itu. Lalu, Samantha mengubah torehan sejarahnya.
Bertempat di Palacio de Congresos y Exposiciones de Galicia, Kota Santiago de Compostela, Spanyol, Samantha berdiri tegak di podium tertinggi dengan bendera 'Merah-Putih' disampirkan di pundak kecilnya. Ya, dia menjadi juara dunia lagi. Kali ini juara catur klasik (cadet chess) World Cadets Chess Championships 2018 U-10.
ADVERTISEMENT
Mengoleksi nilai 9, Samantha mengalahkan andalan Rusia, Alexandra Shvedova, dan wakil China, Chen Yining. Lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' pun berkumandang saat seremoni penyerahaan trofi berlangsung Kamis, 15 November 2018.
Atas prestasinya itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengucurkan bonus, baik untuk gelar juara dunia pertama maupun kedua Samantha.
Video
Publik pun menghujani sang juara dunia muda dengan pujian dan dukungan. Media juga tak luput menyebarkan berita positif: Indonesia punya juara dunia catur umur 10 tahun untuk pertama kalinya. Mengintip lebih dalam ke kehidupan sehari-hari sang anak, jawaban mudah ditemukan.
Kecerdasan intelektual Samantha adalah 146, tergolong genius. Menurut So Siau Sian, ibu Samantha, tes dilakukan saat Samantha berusia 7 tahun 1 bulan dan 9 hari, tepatnya pada 26 Maret 2015. Pemeriksaan psikologi tersebut dilakukan bersama salah satu biro konsultasi.
ADVERTISEMENT
Berkat kecerdasan alami Samantha, Larry Edith, sang ayah, mengatakan anak pertamanya ini memang langsung memahami sebuah video pertandingan catur dalam sekali tonton.
Si juara catur dunia, Samantha Edithso (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
"Dia justru malas berlatih. Banyak kelemahannya meski sudah juara dunia. Kebetulan didukung otak yang cerdas, satu kali mengamati pertandingan catur langsung mengerti," ujar Larry ketika ditemui kumparanSPORT di kediamannya di Kota Bandung.
"Di kelompok umur saat ini, Samantha adalah nomor satu dunia. Ini sejarah, baru kali ini Indonesia punya juara dunia wanita. Semoga dengan bertambah umur, dia semakin rajin berlatih," harapnya.
Tak hanya itu, So mengatakan bakat sang anak memang tidak hanya terfokus di bidang catur. Samantha yang menyukai seni ini suka menggambar, terbukti dengan coretan di tembok kamar maupun karya seni gambar anjing kesayangan yang dipajang di dinding ruang tengah rumahnya.
ADVERTISEMENT
Samantha pun mahir membuat baju untuk koleksi barbie-nya. Sebuah barbie dengan rambut blonde yang khas terduduk di salah satu bilik lemari belajar dengan baju terbuat dari topi Santa Claus.
Si juara catur dunia, Samantha Edithso (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Jiwa fashion juga membuat Samantha pernah mendapat penghargaan Best Make Up & Accessories dalam acara tahunan di SD Katolik Santa Ursula saat duduk di bangku kelas 5. Uniknya, saat itu dia tidak berdandan cantik nan manis ala putri di negeri dongeng. Cheshire Cat, salah satu tokoh dalam kisah Alice's Adventures in Wonderland berwujud kucing dengan senyum lebar, menjadi pilihannya.
Di luar itu, juara menulis puisi, status siswa terbaik, hingga peraih nilai tertinggi mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris pernah diraih Samantha. Kini, sambil mengenyam pendidikan kelas 6 Homeschooling Taman Sekar Bandung, cita-cita Samantha adalah menjadi Grand Master termuda, mengubah rekor yang dikukuhkan Sergey Karjakin di usia 12 tahun 7 bulan.
ADVERTISEMENT
Deretan prestasi Samantha Editsho di dunia catur. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan