Pencarian populer

Sean Gelael Naik Podium, Merah Putih Berkibar di Sirkuit Monako

Sean Gelael naik podium di GP Monaco. (Foto: Istimewa)

Bendera merah putih berkibar saat Grand Prix (GP) Monaco berlangsung di Circuit de Monaco, Monako, Jumat (26/8/2018). Aktornya siapa lagi kalau bukan Sean Gelael, yang merupakan satu-satunya pebalap Indonesia di pentas Formula 2 (F2) saat ini.

Sean finis di posisi kedua pada sesi feature race GP Monaco. Dia terpaut 10,713 detik dari Artem Markelov dari Russian Time yang keluar sebagai juara.

Sudah sejak awal balapan, tim yang dibela Sean, Prema Racing, berpeluang merebut podium. Sebab, mengacu hasil kualifikasi satu hari sebelumnya atau Kamis (25/5/2018), Nyck De Vries berhak melakukan start dari posisi kedua.

Malah bukan De Vries yang memberikan prestasi buat tim asal Italia tersebut. Dia tidak bisa melanjutkan balapan akibat masalah teknis. Mobilnya terkena benturan dengan pebalap DAMS, Alexander Albon, ketika keduanya hendak masuk pit stop.

Pebalap Prema, Sean Gelael. (Foto: Istimewa)

Untung buat Prema, Sean tampil melejit. Dia melakukan start dari posisi ke-12 dan melakukan start apik sehingga sudah menduduki posisi kedelapan di tikungan pertama.

Tim Prema menerapkan strategi jitu pula. Mereka memanggil Sean ke pit stop untuk pergantian ban. Dia memang turun ke tempat ke-12, tetapi mampu melaju kencang berkat ban yang lebih cegar dan cengkeraman lebih prima.

Posisi Sean terus menanjak saat pebalap-pebalap lainnya memutuskan untuk masuk pit stop. Kemudian, ketika balapan menyisakan lima lap, Sean sudah berada di posisi kedua atau di belakang driver Russian Time, Artem Markelov. Situasi ini bertahan hingga balapan rampung.

Sean Gelael naik podium di GP Monaco. (Foto: Istimewa)

Bagi Sean, kesuksesan naik podium bukanlah kali pertama. Dia juga sempat menempati posisi serupa di GP Austria musim 2016, ketika balapan masih mengusng nama GP 2.

Tetap saja raihan ini disyukuri oleh Sean. Terlebih lagi, inilah kesuksesan perdananya menaiki podium bersama Prema Racing.

"Terima kasih untuk kerja keras tim. Ini bukan balapan yang mudah. Saya hanya berusaha fokus dan terus menjaga kecepatan mobil. Podium kedua, hasil yang bagus setelah sesi kualifikasi yang kurang memuaskan," kata Sean dalam keterangan resmi yang diterima kumparan.

Sean Gelael naik podium di GP Monaco. (Foto: Istimewa)

Berbekal capaiannya di GP Monaco, Sean pun meraup tambahan 18 angka. Dia kini menempati posisi kedelapan dengan raihan 29 poin. Sementara itu, puncak tabel sementara menjadi milik Lando Norris berbekal 88 angka.

Kesuksesan di feature race juga membuat Sean berhak mengawali sprint race, Sabtu (26/5), dari posisi ketujuh. Bukan mustahil bendera merah putih berkibar apabila pebalap asal Jakarta ini melejit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57