Pencarian populer

Selamat Ulang Tahun ke-70, MotoGP!

22 pebalap kelas premier merayakan ulang tahun MotoGP ke-70 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Kamis (13/6/2019). Foto: Dok. MotoGP
Grand Prix Catalunya 2019 di Circuit de Barcelona-Catalunya, 14-16 Juni, bakal menjadi lebih spesial ketimbang race lain. Pasalnya, gaung #MotoGP70 ikut meramaikan promosi seri MotoGP ketujuh musim ini tersebut.
ADVERTISEMENT
Ya, tanda pagar itu adalah penanda bahwa kejuaraan dunia balap motor tersebut telah berusia 70 tahun. Ia pertama kali digelar sebagai Isle of Man Tourist Trophy (TT) pada 6-17 Juni 1949.
MotoGP pun menjadikan 13 Juni sebagai hari ulang tahun, saat kalender balap Isle of Man Junior TT (kelas 350cc) melahirkan pemenang pertama dalam sejarah balap motor dunia, Freddie Frith.
Selain Isle of Man TT, musim pertama Grand Prix World Championship pada 1949 terdiri dari GP Swiss, Belanda TT, GP Belgia, GP Ulster, dan Grand Prix of Nations yang menutup kalender balap pada 4 September.
Isle of Man TT yang berlangsung pada 6-17 Juni 1949 tercatat sebagai kejuaraan dunia balap motor pertama. Foto: Dok. MotoGP
Sama seperti MotoGP saat ini, tahun balap pertama juga menganugerahkan gelar di akhir musim kepada rider dan konstruktor terbaik. Bedanya, kelas saat itu terdiri setidaknya tiga race antara 125cc, 250cc, 350cc, 500cc solo, dan 600cc side-car.
ADVERTISEMENT
Perbedaan lain adalah soal sistem skor. Pebalap tercepat tidak mendapat 25 poin seperti sekarang, melainkan hanya 10 poin, disusul delapan poin untuk runner-up dan tujuh poin untuk posisi tiga.
Adapun, pemenang cikal bakal level MotoGP pertama adalah Harold Daniell yang menang di Isle of Man Senior TT (kelas 500cc) 1949.
Sementara 'nenek moyang' para juara dunia MotoGP seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, hingga Jorge Lorenzo adalah Leslie Graham. Ia menjadi juara Grand Prix World Championship pertama lewat koleksi 30 poin pada musim 1949.
Leslie Graham menjuarai balap motor kelas 500cc (cikal bakal MotoGP) pertama pada 1949. Foto: Dok. MotoGP
Well, ulang tahun MotoGP belum sah tanpa dirayakan dengan semarak oleh para pebalap zaman now.
Maka, berdirilah 22 rider kelas premier MotoGP 2019 di trek Circuit de Barcelona-Catalunya dengan setelan hitam klasik sebagai potret keluarga di napas 70 tahun balap motor dunia.
ADVERTISEMENT
Rangkaian perayaan lain adalah membawa motor beberapa pebalap ke landmark Barcelona, salah satunya stadion klub raksasa Catalunya, FC Barcelona.
Pada sesi konferensi pers GP Catalunya 2019, Kamis (13/6), para pebalap yang hadir mendapatkan pertanyaan soal siapa mantan pebalap MotoGP yang ingin diajak berduel saat ini.
Marquez, Andrea Dovizioso, Alex Rins, hingga Aleix Espargaro menjawabnya dengan nama para legenda era 80an. Sementara Danilo Petrucci punya jagoan lain dari era 50-an.
"Mick Doohan, (dia) agresif, kuat, dan bisa sengit (jika) face to face," jawab Marquez.
"Hmm, sulit memilih satu, ada banyak (rider hebat). Tapi, (pilihan) Wayne Rainey. Dia melaju dengan 'bersih', dia juga kuat dan cepat," kata Dovizioso.
"Kevin Schwantz, gaya dia bagus dan motornya saat itu luar biasa," seru Rins.
ADVERTISEMENT
"Saya ingin melaju bersama Libero Liberati juara tahun 1957, dia berasal dari kota saya, Terni, dan seperti pahlawan di sana," begitu komentar Petrux --sapaan Petrucci.
"Saja juga (pilih) Kevin Schwantz, akan sangat menarik bersaing dengannya di lap terakhir," ujar Maverick Vinales.
"Alex Criville. Dia pebalap Spanyol pertama yang juara di kelas top. Ketika saya umur 8/10 tahun, saya ingat dia adalah bintang saat itu," pungkas Espargaro.
Selain itu, meski bukan tribute khusus untuk #MotoGP70, Marquez akan melaju di GP Catalunya 2019 dengan helm spesial dengan warna dasar putih.
Sementara ikon semutnya dihiasai corak merah dan hijau dengan coretan lain berupa identitas grandstand Circuit de Barcelona-Catalunya, yang berjarak 100km dari kampung halaman sang rider di Cervera.
ADVERTISEMENT
"Kami mendesain helm spesial, gambar dengan identitas saya: 93 dan semut. Selain itu, ada identitas Circuit de Barcelona-Catalunya yakni main grandstand, menara, dan 'piano' sirkuit," ujar Marquez dalam keterangan resminya.
Balapan GP Catalunya 2019 sendiri bakal berlangsung Minggu (16/6) pukul 19:00 WIB. Jadi, siapa yang bakal memenangi balapan spesial di pekan perayaan ulang tahun MotoGP ke-70?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80